Mobil Kutu Anti Blind Spot

INOVASI SEDERHANA STANDARD SAFETY MOBIL ANTI BLIND SPOT


    Apa menu standard wajib bagi anda menentukan pilihan sebuah mobil kompak? Apakah mobil tersebut harus: 
  1. Murah Harganya?
  2. Lucu bentuknya?
  3. Sporty desain exteriornya?
  4. Kabinnya luas?
  5. Hemat BBM?
  6. Mudah dijangkau layanan aftersales servicenya?
  7. Memiliki nilai jual/ Resale Value yang bagus?, ataukah
  8. Memiliki segudang keunikan yang bermanfaat?
    Rupanya masih sangat jarang pabrikan mobil yang memikirkan aspek point no.8 ini, mungkin dirasa kurang menguntungkan dari segi skala ekonomis untuk mempercepat penetrasi pasar suatu produk. Lain halnya dengan Honda Motor Corp Japan, yang sudah lebih dahulu memikirkan bagaimana menciptakan mobil dengan segudang keunikan yang bermanfaat tetapi mobil tersebut dapat dijangkau oleh daya beli masyarakat luas dengan meluncurkan Honda N Box. Segudang keunikan yang bermanfaat maksudnya untuk si pengemudi mobil tersebut maupun oleh pengguna jalan yang lain telah melekat sebagai Standard Feature sebuah Honda N-Box. Belajar pengalaman dari Survey Lokasi Perumahan Citra Maja Raya menggunakan Suzuki Karimun Wagon R memiliki kelemahan dari segi visibilitas yang dapat dijangkau oleh penglihatan mata kurang mumpuni dari segi safety khususnya efek Blind Spot yang ditimbulkan dari kaca spion mungilnya. Sudah hal lumrah jika mobil mungil memiliki kelengkapan juga serba mini/ mungil termasuk kaca spion penunjang keselamatan berkendara.

Honda N-Box
Desain Honda N-Box yang Boxy- desain khas City Car pabrikan negeri sakura 




Honda N-Box
Pintu Sliding menu wajib diaplikasi untuk memperkuat kesan interior Boxy N-Box yang Spacious & Roomy



    Lalu apa saja keunikan yang telah melekat pada Honda N-Box yang baru dipasarkan untuk pasar domestik Jepang disaat baru pertama kali dilahirkan:

1. Kaca Spion Anti Blind Spot



Honda N-Box Side Mirror

Jarak pandang yang dihasilkan lebih luas




Honda N-Box Side Mirror

Kaca Spion Anti Blind Spot berbentuk unik terpasang di sisi kiri sebelah dalam dashboard, sederhana namun sangat inovatif

2. Kaca Spion Belakang Pengukur Jarak


Honda N-Box Back Mirror

Sangat berguna saat parkir di lahan yang sangat sempit




     Memang fitur kaca spion Anti-Blind Spot di Honda N-Box masih bersifat manual dan belum secanggih sodara sekandungnya- Honda Accord VTI-L yang sudah mengadopsi Fitur Lane Watch yang lebih mutakhir & terintegrasi dengan MID/ Multi Information Display. Walaupun begitu Fitur Anti Blind Spot Honda N-Box sangat membantu pengemudi, terutama saat:

  1. Berbelok yang terkadang efek Blind Spot ditimbulkan oleh Pillar A
  2. Pindah Jalur yang terkadang kendaraan lain/ sepeda motor yang berada di samping kendaraan kita tidak terlihat di kaca spion.
  3. Saat parkir mundur sangat terbantu untuk melihat obyek di belakang kendaraan, walaupun saat ini sudah lazim mengaplikasi Rear Parking Sensor ataupun Rear View Parking Camera yang terintegrasi dengan Head Unit.  


Honda Accord Lane Watch Standard Feature
Fitur Lane Watch pada Honda Accord VTi-L generasi terbaru 2014


3. Flexibility Ultra Seat

Honda N-Box Configuration Seat
Terdapat 5 Opsi Format "Ultra Seat" Kursi N-Box untuk memberi ruang tambahan sesuai dengan kebutuhan si pengguna



Honda N-Box Configuration Seat
Honda N-Box juga sangat user friendly untuk penyandang cacat/ disabled yang menggunakan kursi roda



Honda N-Box Spacious Interior
Interior Minimalis Elegan & Spacious sangat multifungsi untuk keluarga kecil. Tersedia Hand Rest di kursi pengemudi layaknya MPV mewah, bak Toyota Alphard, Honda Odyssey, Honda Ellysion Prestige, Nissan Elgrand, dll



Honda N-Box Spacious Interior
Kursi belakang dilipat rata dengan lantai untuk maksimalisasi ruang penyimpanan barang berukuran panjang.



Honda N-Box Spacious Interior
Butuh ruang agak tinggi untuk membawa vas bunga/ tanaman hanya tinggal melipat jok ke atas terciptalah sebuah ruang lapang


4. Eye Catching Interior Design Match with Body Colour

     Yang unik dari N-Box yaitu tersedia beragam pilihan warna candy yang eye catching yang memang target pasarnya dapat digunakan oleh semua kalangan & semua umur. Di N-Box warna eksterior juga diaplikasi pada beberapa bagian kecil interior, seperti di dashboard, sebagian door trim terdapat aksen warna sama persis dengan baluran warna body mobil. 


Honda N-Box Candy Colour Choices
Tersedia 8 pilihan warna N-Box yang sangat ceria dan dinamis



Honda N-Box Futuristic Interior
Bukan aksen kayu/ wood panel melainkan aksen warna body mobil yang sangat kontras berpadu dengan Black Interior standard bawaan N-Box. Di situs resminya, kombinasi Two Tone pada dashboard & doortrim merupakan "Optional Item"



Honda N-Box Sporty Interior
N-Box Sporty Look Interior



Honda N-Box Elegance Interior
Elegance Simplicity N-Box Interior


    Bagi anda yang sudah "terlanjur jatuh cinta" pada Honda N-Box kelihatanya PT. Honda Prospect Motor selaku ATPM Honda di Indonesia belum berminat memasarkan N-Box dalam format CBU ataupun CKD di Indonesia. Alasannya karena desain N-Box yang Boxy belum dapat diterima konsumen Indonesia karena dipandang tidak lazim seperti mobil kebanyakan. 

   Jika anda menginginkan membawa pulang N-Box paling memungkinkan melalui jalur Importir Umum/ IU yang mana harga jualnya akan sangat melambung tinggi karena beban PPNBM & BBN yang tinggi akibat status mobil ini masuk kategori barang mewah, walaupun di negara asalnya di Jepang dibanderol tidak lebih dari IDR 150jt jika dikonversi ke mata uang Rupiah. Bagi anda penyuka kendaraan dengan utilitas tinggi, saya kira Honda N-Box sebagai pilihan tepat guna..

Tomica No.20 Honda N-BOX
Penampakan Si Mobil Kutu Anti Blind Spot Honda N-Box dalam format diecast TOMICA

Comments