TREN BUS SUPER HIGH DECK (SHD) & DOUBLE DECKER (SDD) DI INDONESIA
Dahulu kala bus tingkat diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kapasitas angkut maksimum untuk setiap rute yang dilalui khususnya di kota-kota besar yang sangat padat penduduknya dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Dengan mengedepankan aspek fungsionalitas, bus tingkat pernah berjaya di era 80-an saat era pembangunan di negeri Indonesia tercinta ini berkembang dengan sangat pesatnya. Seiring bergulirnya waktu, populasi bus tingkat semakin menghilang dari peredaran khususnya di kota-kota besar. Banyak spekulasi muncul ke permukaan karena mayoritas bus tingkat yang beredar di negeri ini buatan negeri Eropa yang sangat tinggi biaya perawatannya untuk operasional angkutan reguler bertarif murah. Terlebih lagi semasa kejayaannya tidak ada regenerasi ataupun peremajaan untuk bus tingkat yang telah beredar, alhasil nostalgia tempo dulu itu menjadi saksi bisu di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan sebagian lagi terparkir di sudut pusat perbelanjaan ibu kota mengakhiri masa dinasnya.
Nostalgia Tempo Doeloe Bus Tingkat Volvo menjelma menjadi distro di Blok-M Mall
Cukup lama waktu berselang, tiba-tiba secara tidak sengaja euforia bus tingkat mendadak "happening" lagi dewasa ini. Sejak Pak Jokowi saat itu terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta yang mencetuskan ide Bus Tingkat Wisata Gratis dibawah kepemimpinannya yang kemudian dilanjutkan oleh penerusnya Pak Ahok sebagai Gubernur DKI untuk menggantikan pak Jokowi yang diangkat menjadi Pak Presiden RI. Dengan pendekatan berbeda dari konsep bus tingkat di zaman dahulu, bus tingkat wisata yang awalnya diimpor dari China ini hanya melayani kebutuhan City Tour para turis asing maupun warga negara Indonesia yang ingin mengenal perkembangan Jakarta lebih dekat lagi. Saat pak Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo juga sempat membuat terobosan Bus Tingkat Wisata Werkudara untuk melayani para wisatawan yang berkunjung ke daerah Solo. Tak mau ketinggalan, Bandung sebagai daerah lain yang berhawa sejuk ini pun juga mencoba unjuk gigi meluncurkan Bus Tingkat Wisata bernama Bandros alias Bandung Tour On The Bus.
Werkudara- Bus Tingkat Wisata Asli kota Solo, Jawa Tengah
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Tahir Foundation sewaktu masih menggunakan Chassis Mercedes Benz O500R 1836
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Tahir Foundation setelah berganti chassis menjadi Mercedes Benz 3-Axle OC500 2542 RF sesuai dengan regulasi yang berlaku
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Coca Cola Indonesia
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Agung Sedayu Group
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Bank CIMB Niaga
Bus Tingkat Wisata Bandros asal Bandung
Rute Bus Tingkat Wisata Bandros yang beroperasi di Bandung
Bus Tingkat Wisata jelas peruntukannya untuk menempuh jarak pendek berwisata keliling kota, lalu bagaimana jika bus tingkat dijadikan untuk menempuh rute jarak jauh? Hal tersebut mungkin saja karena beberapa pabrikan bus ternama di penjuru dunia sudah terlebih dahulu memikirkan kebutuhan manusia yang semakin dinamis dari masa ke masa. Karena pabrikan bus diluar sana sudah menangkap peluang bisa memasukkan bus jenis ini ke negeri tercinta Indonesia, maka para pengusaha bus pun menyambutnya dengan antusias. Mengapa harus disambut antusias? Karena persaingan di dunia bus malam sangat sengit, operator harus jeli memanfaatkan momentum untuk bisa memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang semakin dinamis. Maka tidak heran diajang pameran otomotif terbesar yang dimotori oleh GIIAS 2015 ini memunculkan segmen pasar baru untuk ceruk pasar bus tingkat mewah. Tentu keberhasilan ini juga tak lepas dari peran body builder atau karoseri yang menciptakan model-model menawan pada bodi bus yang dibangun diatas chassis pabrikan besar.
Berikut ini adalah beberapa contoh pabrikan bus di seluruh dunia yang ikut meramaikan pasar dengan memperkenalkan varian baru bus tingkat berstandard keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi:
Berikut ini adalah beberapa contoh pabrikan bus di seluruh dunia yang ikut meramaikan pasar dengan memperkenalkan varian baru bus tingkat berstandard keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi:
- Mercedes Benz
New Jetbus Setra SDD (Double Decker) karya karoseri Adiputro
Sempati Star MB OC500 RF 2542 Sempati Star Jetbus2+ SDD (Double Decker)
Sempati Star MB OC500 RF 2542 Sempati Star Jetbus2+ SDD (Double Decker)
Desain Sporty Luxury Paradise Double Decker inovasi karoseri New Armada
Bus Tingkat Wisata Kota DKI Jakarta sumbangan Alfamart
Tampak Depan Bus Efisiensi Adiputro Jetbus Double Decker (SDD)
Tampak Belakang Bus Efisiensi Adiputro Jetbus Double Decker (SDD)
Tampak Depan Paradep Trans Rahayu Santosa Jetliner Double Decker
Tampak Belakang Paradep Trans Rahayu Santosa Jetliner Double Decker
Tampak Belakang Bus Efisiensi Adiputro Jetbus Double Decker (SDD)
Tampak Depan Paradep Trans Rahayu Santosa Jetliner Double Decker
Tampak Belakang Paradep Trans Rahayu Santosa Jetliner Double Decker
MB OC2542 RF Super High Deck Allumium Body Marissa Holiday karya Nusantara Gemilang
- VOLVO
SAN Volvo B7R S-Liner SHD
- SCANIA
Buritan Seksi Scania Nusantara Gemilang Po. Primadona
Scania K310ib Adiputro Jetbus SHD (Double Glass) Rejeki Transport
Scania K360ib Adiputro Jetbus SHD (Double Glass) Sempati Star
Scania K310ib Opticruise Rahayu Santosa S-Liner PO.SAN
Scania K310ib Adiputro Jetbus SHD (Double Glass) Rejeki Transport
Scania K360ib Adiputro Jetbus SHD (Double Glass) Sempati Star
Scania K310ib Opticruise Rahayu Santosa S-Liner PO.SAN
- MAN
MAN Maxi Miracle karoseri Nusantara Gemilang
Kebutuhan manusia itu memang unik dan cenderung sering berubah-ubah. Sejatinya manusia modern dewasa ini lebih cenderung menuruti kebutuhan emosionalnya. Kebutuhan yang bersifat subjektif dibawah alam sadar yang sebetulnya dapat diintepretasikan ke dalam bentuk Real. Kebutuhan kaum urban modern juga dirasa spesifik dan harus unik, maka disaat Bus Tingkat Mewah baru diperkenalkan ke pasar disaat bersamaan pula pabrikan bus juga menyodorkan alternatif lain Bus Single Deck yang kental nuansa dan atmosfer Double Decker. Lalu apa sebetulnya "Postioning" yang ingin ditonjolkan oleh para pengusaha bus yang menyodorkan pilihan Mix Product berupa Bus Super High Deck? Berikut ini penjabarannya:
- Mengunggulkan View Luas
Pemandangan Extra Luas dari kabin bus berlantai Super High Deck
- Mengunggulkan Bagasi Super Luas
Karena bus model ini berlantai sangat tinggi, otomatis banyak tercipta "ruang kosong" dibawah kabin penumpang yang tentu saja sangat bermanfaat untuk dioptimalkan menjadi bagasi yang super lapang. Bahkan 5 buah sepeda motor kategori bebek dan skutik dapat diangkut sekaligus ke dalam lambung bus yang bergenre Super High Deck ini. Impact lainnya tentu saja memberi Nilai Tambah bagi pengusaha bus untuk dapat membawa paket kiriman penumpang berukuran besar sekalipun, disinilah tercipta efektifitas dan efisiensi dalam hal mobilitas penumpang dan barang.
Bagasi Super Luas Po. Primadona
Buritan Seksi Scania Super High Deck Po. Primadona karya Nusantara Gemilang
Scania K410iB Super High Deck Po. Satria Muda dalam balutan Adiputro New Setra Jetbus2 SHD (Double Glass)
Desain menawan dengan ornamen pada kaca belah Jetbus Super High Deck (SHD)
Tampak Samping Adiputro Jetbus Super High Deck (SHD)
Kapasitas Angkut Bagasi Adiputro Jetbus Super High Deck (SHD) sangat luas
Beda Tipis ketinggian Jetbus Super High Deck dengan versi Double Decker
Bee Buzz Pariwisata Adiputro SHD Hino RN Series
Paradep Trans Rahayu Santosa Jetliner SHD (Double Glass)
Efisiensi Adiputro SHD
Gunung Harta Adiputro Jetbus SHD MB 0500R 1836
Agramas Adiputro Jetbus SHD
Laju Prima Adiputro Jetbus SHD
Garuda Mas Adiputro SHD
Medali Mas Adiputro SHD
Kramat Djati Adiputro SHD
Harapan Jaya Scania Adiputro SHD (Double Glass)
Rosalia Indah Scania K36oib SUPER TOP Adiputro Jetbus SHD (Double Glass)
Masih Rosalia Indah Scania K36oib SUPER TOP Adiputro Jetbus SHD (Double Glass)
Rosalia Indah Scania K36oib EXECUTIVE PLUS Adiputro Jetbus SHD (Double Glass)
Rosalia Indah Scania K36oib EXECUTIVE PLUS Adiputro Jetbus SHD (Double Glass)
Sanura Scania K36oib Adiputro Jetbus2+ SHD (Double Glass)
Medan Jaya Scania K36oib Adiputro Jetbus2+ SHD (Double Glass)
ALS Jetliner SHD (Double Glass) Super Executive 2-1
Harapan Indah Adiputro Jetbus2+ Setra SHD (Double Glass)
Harapan Indah Adiputro Jetbus2+ Setra SHD (Double Glass)
Inspirasi selendang Setra lawas di produk baru New Setra Jetbus SHD
Eka Morodadi Prima SHD (Double Glass)
Eka Morodadi Prima SHD (Double Glass)
Harapan Jaya Scania K360ib Karoseri Tentrem AVANTE SHD (Double Glass)
Interior Tentrem AVANTE SHD
Tentrem AVANTE SHD (Double Glass)
Tentrem AVANTE SHD (Double Glass)
Tampak Depan Laksana Legacy SR-2 Infinite (SHD)
Tampak Belakang Laksana Legacy Sky SR-2 Infinite XHD berchassis Scania K360iB (kiri) & Hino RN260 (kanan)
Putera Mulya Laksana Maxibus X-Tra High Deck (XHD)
Inovasi karoseri Rahayu Santosa pada model Jetliner versi Semi High Deck
Inovasi karoseri Rahayu Santosa pada model Jetliner 3-Axle versi Semi High Deck
Efisiensi Rahayu Santosa Jetliner SHD "Double Glass"
Sinar Jaya Rahayu Santosa Jetliner SHD "Double Glass"
Arimbi Rahayu Santosa Jetliner SHD "Double Glass"
Cikal bakal Jetliner Super High Deck terinspirasi dari Jetliner lawas yang melegenda
Bus Berlantai Super Tinggi (SHD) yang beredar di Jepang dalam wujud diecast Tomica
Bus Berlantai Super Tinggi yang beredar di Jepang dalam wujud diecast Tomica
BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Comments
Post a Comment
Berkomentarlah secara bijak dan santun. Segala bentuk SPAM, SARA yang memprovokasi akan langsung dihapus oleh admin