Sensasi Jakarta Denpasar naik Kereta Api

REVIEW TRIP LIBURAN KE BALI NAIK KERETA API Yukks!!!


     Tut..tut..naik kereta api siapa hendak turut ke Bandung, Surabaya.... (lupa liriknya silahkan dilanjutkan sendiri ya, he..he..). Ide postingan ini muncul secara tidak sengaja saat ngobrol ngalor ngidul dgn rekan penulis sesama Bolang (baca: bocah petualang) yang juga gemar mencoba sesuatu yg baru & unik. Walaupun disaat menulis postingan ini penulis baru sekedar merencanakan ngebolang lg ke Bali naik Kereta Api dr Jakarta untuk Next Trip berlibur di Low Seasons tapi ga ada salahnya donk kita mencoba menuliskan itenary timeline yang sekiranya bisa berguna untuk para pembaca setia blog ini yg juga berencana dari Jakarta ke Bali mencoba naik kereta api selain Naik Bus Malam yg sudah lebih dahulu familiar di kalangan Backpacker ato Budget Traveler kaya gw, xi.xi..xi..

Transportasi Murah Naik Kereta Api Jakarta Denpasar
Terobosan Baru PT. KAI sejak medio 2011 silam

       Beruntunglah walaupun hanya sekedar obrolan ngalor-ngidul, penulis mendapatkan banyak sekali informasi berharga bagaimana merencanakan dengan baik itenary trip kali ini & estimasi budget yang realistis untuk dipersiapkan selain niat yg ditekadbulatkan tentunya :)


      Tentu banyak masyarakat awam yang bertanya-tanya; Lah memangnya sekarang jalur kereta api sudah bisa menyeberang laut melintasi Selat Bali ??? Bagi yang sering belajar semasa sekolah di bangku SD & SMP tentu paham bahwa jalur kereta api peninggalan pejajahan kolonial Belanda baru tersedia di Pulau Sumatera & Pulau Jawa saja. Jalur kereta api di Pulau Jawa saat ini membentang dari ujung Barat hingga ujung timur pantai utara yaitu dari pelabuhan Merak Banten hingga pelabuhan Ketapang- Banyuwangi sepanjang 1.000 km lebih jauhnya.  


Peta Jalur Kereta Api di Pulau Jawa
Peta Jalur Kereta Api di Pulau Jawa peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda


     Tetapi ada fenomena unik belakangan ini dimana di situs pemesanan tiket kereta api online Tiket.com tertulis rute baru Surabaya - Denpasar, loh ada apa ini ??? Apakah terjadi kesalahan penulisan rute KA oleh PT. KAI ??? Seperti dikutip laman berita situs portal berita Antara News bahwa PT. KAI baru saja memperluas area pelayanannya melalui moda transportasi terintegrasi dgn Perum DAMRI sbg bentuk sinergi antar BUMN untuk semakin mempermudah mobilitas para Railfans (baca: pecinta kereta api) menuju Pulau Bali dgn aman & nyaman. Mari kita simak berikut ini...


Peta destinasi wisata di pulau Bali
Peta destinasi wisata di pulau Bali

RUTE ESTAFET :


     Sayangnya saat artikel ini ditulis PT. KAI belum membuka rute langsung Jakarta - Banyuwangi, sehingga para Railfans harus bersedia trip estafet dengan breakdown dari Jakarta menuju Surabaya terlebih dahulu lalu kemudian dari Surabaya berganti kereta baru lanjut menuju Banyuwangi. Setelah tiba di stasiun Bayuwangi Timur barulah perjalanan dilanjutkan dengan moda transportasi Bus DAMRI untuk selanjutnya menyeberang Selat Bali menuju Gilimanuk hingga perjalanan berakhir di Terminal Ubung- Kota Denpasar BALI. 

ETAPE 1:  JAKARTA - SURABAYA

    Cukup banyak pilihan kereta api dr Jakarta menuju Surabaya sesuai kebutuhan budget para pembaca:



Tarif KA kelas Ekonomi AC tujuan Jakarta - Surabaya
Tarif KA kelas Ekonomi AC tujuan Jakarta - Surabaya
  • Kelas Ekonomi
KA. GAYA BARU MALAM

Rute : Jakarta (Ps. Senen) - Surabaya (Gubeng)
Harga Tiket : Rp 106.000*
Waktu Tempuh : 14 Jam 55 Menit
Waktu Keberangkatan St.Ps. Senen : 10.30 siang
Waktu Tiba St.Surabaya Gubeng : 01.25 pagi
KA. KERTAJAYA
Rute : Jakarta (Ps. Senen) - Surabaya (Ps. Turi)
Harga Tiket : Rp 165.000* 
Waktu Tempuh : 11 Jam 35 Menit
Waktu Keberangkatan St.Ps. Senen : 14.00 siang
Waktu Tiba St.Surabaya Gubeng : 01.30 pagi
KA. JAYABAYA
Rute : Jakarta (Ps. Senen) - Surabaya (Gubeng)
Harga Tiket : Rp 250.000*
Waktu Tempuh : 11 Jam 23 Menit
Waktu Keberangkatan Ps. Senen : 12.00 siang
Waktu Tiba Surabaya Gubeng : 23.23 malam

  • Kelas Bisnis
KA. GUMARANG
Rute : Jakarta (Ps. Senen) - Surabaya (Ps.Turi)
Harga Tiket : Start from Rp 340.000*
Waktu Keberangkatan Ps. Senen : 15.45 sore
Waktu Tiba : 03.20 pagi

  • Kelas Eksekutif
KA. Argo Bromo Anggrek PAGI
Rute : Jakarta (Gambir) - Surabaya (Ps. Turi)
Harga Tiket : Start From Rp 375.000* Keberangkatan Jkt St. Gambir : 09.30 pagi Waktu Tiba Sby St. Ps. Turi : 18.30 sore
KA. Argo Bromo Anggrek MALAM
Rute : Jakarta (Gambir) - Surabaya (Ps. Turi) Harga Tiket : Start From Rp 375.000* Keberangkatan Jkt St. Gambir : 21.30 malam Waktu Tiba Sby St. Ps. Turi : 06.30 pagi
KA. SEMBRANI
Rute : Jakarta (Gambir) - Surabaya (Ps. Turi) Harga Tiket : Start From Rp 375.000* Keberangkatan Jkt St. Gambir : 19.15 malam Waktu Tiba Sby St. Ps. Turi : 05.35 pagi

ETAPE 2: SURABAYA - BANYUWANGI - (Denpasar)


    Hanya tersedia 1 pilihan rangkaian KA. Mutiara Timur Malam terdapat kelas Bisnis & Eksekutif menuju St. Banyuwangi yang melayani Tiket Terusan Terintegrasi Bus Damri ke Denpasar:




Tiket Terusan KA. Mutiara Timur kelas Ekonomi & Bisnis rute Surabaya - Denpasar

Tiket Terusan KA. Mutiara Timur kelas Ekonomi & Bisnis rute Surabaya - Denpasar

Interior KA. Mutiara Timur kelas Bisnis AC
  • Kelas Bisnis

  KA. MUTIARA TIMUR MALAM
  Rute : St. Surabaya Ps. Turi - St. Banyuwangi Baru - (Denpasar)
  Harga Tiket : Start From Rp 190.000*
  Keberangkatan Sby Gubeng : 22.00 malam
  Waktu Tiba : 09.30 pagi

  •  Kelas Eksekutif

  KA. MUTIARA TIMUR MALAM
  Rute : St. Surabaya Ps. Turi - St. Banyuwangi Baru - (Denpasar)
  Harga Tiket : Start From Rp 240.000*
  Keberangkatan Sby Gubeng : 22.00 malam
  Waktu Tiba : 09.30 pagi
*Note:
  • Harga yang tercantum diatas untuk keberangkatan Weekdays Low Seasons awal bulan May 2016.
  • Khusus harga tiket KA. Mutiara Timur Malam kelas Bisnis maupun Eksekutif rute Surabaya - Denpasar sudah termasuk; tiket terusan Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk, hingga moda terintegrasi Bus DAMRI hingga tiba di Terminal Ubung - Denpasar
  • Harga tiket tiap kelas kereta api bisa bervariasi menyesuaikan dengan posisi gerbong & ketersediaan kursi kosong saat dilakukan pemesanan tiket.
  • Tiket kereta api sekarang bisa dipesan secara Online melalui Tiket.com, ataupun secara Offline dengan mendatangi gerai Indomaret terdekat, maupun membeli langsung di loket Stasiun Keberangkatan.

Stasiun KA. Banyuwangi Baru
Stasiun KA. Banyuwangi Baru sebagai stasiun perhentian terakhir yang berbatasan langsung dengan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang - akses menuju Pulau Bali. 


ETAPE 3: BANYUWANGI - DENPASAR (BALI)



Bus DAMRI Banyuwangi Denpasar


Bus Mikro DAMRI sebagai moda transportasi terintegrasi dengan KA. Mutiara Timur yang akan mengantarkan penumpang KA langsung menuju kota Denpasar - Bali.


  • BUS DAMRI 
- Rute: St. Banyuwangi - Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk - Terminal Ubung Denpasar
- Harga Tiket : === FREE ====
- Waktu Tempuh Penyeberangan Ferry Selat Bali : 1 Jam
- Waktu Tempuh Pelabuhan Gilimanuk - Terminal Ubung Denpasar : 3 - 4 Jam
- Jenis Armada : Bus Medium 25 seats AC & Non AC
- Waktu Keberangkatan : Sesuai waktu Tiba KA Mutiara Timur Malam
Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Banyuwangi
Suasana Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Banyuwangi tempat bersandar kapal Ferry yang akan berlayar mengarungi Selat Bali menuju Pelabuhan Gilimanuk sebagai akses masuk Pulau Bali melalui jalur laut.

*Note:
  • Penumpang KA Mutiara Timur Malam rute Surabaya - Denpasar tidak perlu membeli tiket penyeberangan Ferry Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk, dan tiket bus Damri karena  sudah termasuk di dalam tiket terusan KA. Mutiara Timur Malam.
  • Jika ingin mengoptimalkan waktu perjalanan dapat memilih opsi kereta Argo Anggrek pagi, yang dijadwalkan: 
- KA. Argo Anggrek Pagi dari Jakarta tiba di Surabaya St. Pasar Turi pukul 18.30 sore.
- Keberangkatan KA. Mutiara Timur Malam Surabaya - Denpasar pukul 22.00 malam.
- Pilihan metode ini tidak membuang banyak waktu transit berganti kereta di Surabaya.
- Rentang waktu transit dari pukul 18.30 sore hingga 22.00 malam masih di hari yang sama dapat anda gunakan untuk Istirahat Mandi, Makan, Sholat, dan berpindah posisi menuju St. Gubeng untuk menanti kedatangan KA. MUTIARA TIMUR MALAM menuju Banyuwangi Baru.
PERBEDAAN KELAS KERETA API


    Pasti banyak diantara kita yang yang belum terjawab rasa penasarannya seperti apa perbedaan kelas di kereta api sehingga terjadi selisih harga tiket yang disesuaikan dengan fitur & kenyamanan apa saja yang didapat oleh pengguna jasa kereta api jika diurutkan dari yang termurah hingga termahal:

  • Kelas Ekonomi AC
Interior KA kelas Ekonomi AC Jakarta Denpasar
Interior KA kelas Ekonomi AC yang sudah berbenah memoles diri menjadi KA Ekonomi yang lebih nyaman (Bersih, Full AC, On Time) & aman (No Entry Pedagang Asongan). Dalam satu gerbong biasanya terdapat 3 unit AC Split untuk mendinginkan seluruh isi gerbong penumpang.



Interior KA kelas Ekonomi AC
Ciri Khas konfigurasi bangku penumpang KA kelas Ekonomi AC yang masih dipertahankan hingga saat ini.

NILAI PLUS KA. EKONOMI AC:
  1. Waktu tempuh relatif jauh lebih cepat jika dibandingkan perjalanan darat menggunakan Bus Malam Executive Class.
  2. Tarif tergolong kompetitif jika disandingkan dengan Bus Malam Executive Class tujuan sama.
  3. Berangkat & Tiba selalu On-Time.
  4. Tersedia fasilitas colokan listrik untuk charge Hp selama di perjalanan.
  5. Kebersihan & Kerapihan Interior Eksterior KA sangat terjaga.
  6. Pelayanan staf KAI yang cukup ramah selama perjalanan.
NILAI MINUS KA. EKONOMI AC:
  1. Sandaran kursi Penumpang tegak 90 derajat, tidak terdapat hand rest, tidak dapat diputar arah duduk berhadapan, dan sangat melelahkan untuk perjalanan jauh.
  2. Pendingin ruangan model AC Split dirasa kurang dingin dibanding AC Sentral kelas Bisnis AC disaat perjalanan siang hari.
  3. Tidak ada fasilitas Gratis Service Makan seperti bus malam Executive Class. Jika ingin Makan Malam harus memesan & membeli sendiri di kereta makan.
  4. Minus Fasilitas In Train Entertainment Ala Kadarnya, & minus Free Wi-Fi
  5. Bantal & Selimut Disewakan jika dibutuhkan oleh penumpang.
  6. Tidak ada fasilitas Free Shuttle Service menuju stasiun keberangkatan.
  • Kelas Bisnis AC
Interior KA kelas Bisnis AC
Interior KA kelas Bisnis AC sudah menggunakan AC Sentral setingkat lebih unggul dari kereta Ekonomi AC yang masih menggunakan AC Split.

Interior KA kelas Bisnis AC Jakarta Denpasar
Konfigurasi Bangku Penumpang KA Kelas BIsnis AC sedikit lebih baik dengan adanya tambahan Hand Rest pada sisi kanan dan kiri demi kenyamanan yang lebih baik ketimbang KA kelas Ekonomi AC.

NILAI PLUS KA. BISNIS AC:
  1. Tarif tergolong kompetitif jika disandingkan dengan Bus Malam Executive Class tujuan sama.
  2. Pendingin ruangan model AC Sentral dirasa cukup baik saat perjalanan siang hari ketimbang AC Split KA. Kelas Ekonomi.
  3. Berangkat & Tiba selalu On-Time.
  4. Tersedia fasilitas colokan listrik untuk charge Hp selama di perjalanan.
  5. Kebersihan & Kerapihan Interior Eksterior KA sangat terjaga.
  6. Kursi Penumpang terdapat hand rest, dan dapat diputar arah duduk berhadapan.
  7. Pelayanan staf KAI yang cukup ramah selama perjalanan.
NILAI MINUS KA. BISNIS AC:
  1. Tarif dirasa kurang kompetitif- terkadang tarif KA. Eksekutif lebih mahal daripada tiket Pesawat Budget Airline maupun tiket Bus Malam Executive Class dengan tujuan sama.
  2. Dengan harga tiket yang lebih mahal daripada KA. Ekonomi AC tetapi waktu tempuh hampir sama dengan KA. Ekonomi AC.
  3. Kursi penumpang dirasa kurang nyaman untuk perjalanan jauh.
  4. Tidak ada fasilitas Gratis Service Makan seperti bus malam Executive Class. Jika ingin Makan Malam harus memesan & membeli sendiri di kereta makan.
  5. Fasilitas In Train Entertainment Ala Kadarnya, minus Free Wi-Fi
  6. Bantal & Selimut Disewakan jika dibutuhkan oleh penumpang.
  7. Tidak ada fasilitas Free Shuttle Service menuju stasiun keberangkatan.
  • Kelas Eksekutif Argo
Interior berkelas KA kelas Eksekutif Jakarta Denpasar
Interior berkelas KA kelas Eksekutif atau Argo dengan prioritas kemewahan, dan kenyamanan diatas rata-rata ketimbang kelas Bisnis AC dan Ekonomi AC.



Interior berkelas KA kelas Eksekutif Jakarta Denpasar
Konfigurasi Seat 2-2 dengan jarak antar kursi yang lebar untuk selonjoran plus tambahan Arm Rest, Reclining Seat, Foot Rest, In Train Entertainment, Bantal, dan Selimut untuk setiap penumpang


Interior berkelas ala KA Eksekutif Argo Bromo Anggrek
Interior berkelas ala KA Eksekutif Argo Bromo Anggrek rute Jakarta (Gambir) - Surabaya (Ps. Turi) layaknya atmosfer dalam pesawat terbang.



NILAI PLUS KA. EKSEKUTIF / Argo:
  1. Waktu Tempuh relatif lebih singkat dibanding KA. Bisnis AC dan KA. Ekonomi AC dengan tujuan sama.
  2. AC Dingin Terus sepanjang perjalanan.
  3. Berangkat & Tiba selalu On-Time.
  4. Tersedia fasilitas colokan listrik untuk charge Hp selama di perjalanan.
  5. Kebersihan & Kerapihan Interior Eksterior KA sangat terjaga.
  6. Berlimpah Fitur Kenyamanan; AC Sentral, Seat 2-2, Kursi Penumpang Searah Perjalanan Kereta, Reclining Seat, Foot Rest, In Train Entertainment, dan Free Wi-Fi.
  7. Dipinjamkan gratis Bantal & Selimut untuk seluruh penumpang.
  8. Pelayanan staf KAI yang ramah & helpfull selama perjalanan.
NILAI MINUS KA. EKSEKUTIF/ Argo:
  1. Tarif dirasa kurang kompetitif- terkadang tarif KA. Eksekutif lebih mahal daripada tiket Pesawat Budget Airline maupun tiket Bus Malam Executive Class dengan tujuan sama.
  2. Tidak ada fasilitas Gratis Service Makan seperti bus malam Executive Class. Jika ingin Makan Malam harus memesan & membeli sendiri di kereta makan.
  3. Tidak ada fasilitas Free Shuttle Service menuju stasiun keberangkatan.
SEKILAS PANDANG



      Perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta menuju Denpasar belumlah sepraktis menggunakan pesawat terbang maupun bus malam executive. Di sisi lain sebuah terobosan dari PT. KAI yang bersinergi dengan Perum DAMRI patut diacungi jempol sebagai bukti inisiatif PT. KAI yang sedang berusaha berbenah meningkatkan pelayanan kepada penumpangnya lebih baik lagi di masa kini, walaupun dalam prakteknya di lapangan belum bisa mencapai kesempurnaan yang memenuhi ekspektasi/ harapan pelanggan loyalnya.  

        Tidak ada rute langsung ke Banyuwangi sehingga kereta berangkat dari Jakarta harus transit dahulu di Surabaya untuk kemudian berganti kereta Mutiara Timur Malam menuju St. Banyuwangi Baru memiliki rentang waktu tunggu yang cukup lama. Sekiranya ini dapat menjadi perhatian PT. KAI kedepannya untuk mengoptimalkan waktu perjalanan sehingga terasa menyenangkan & berkesan bagi penumpang loyal KA yang ingin bertandang ke pulau Dewata. Jika Next Trip penulis telah merasakan Sensasi Trip ke Bali naik Kereta Api maka postingan pada artikel ini akan disempurnakan lagi sesuai dengan pengalaman yang dirasakan.. ^_^ 


Penasaran Ingin Mencoba?


**Ps: Jika pembaca sekalian suka dengan artikel diatas, jangan lupa baca yang ini juga ya... ^_^ :
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Comments