Review Kelebihan Kelemahan Smartphone Windows Phone 8.1

Keunikan Windows Phone Microsoft Lumia 640XL Dual SIM


Tampilan Atraktif Nan Unik khas Windows Phone 8.1 sangat berbeda dengan pesaingnya Smartphone Android


     Sudah lama memendam hasrat ingin ganti smartphone yang lebih bisa diandalkan untuk mendukung mobilitas sehari-hari yang semakin tinggi. Ingin rasanya mencoba sesuatu yang baru walaupun selama ini sudah sangat familiar dengan Smartphone Android yang minim kendala berarti selama digunakan bertahun-tahun sudah mencapai titik jenuh. Jalan-jalan ke mall melihat-lihat Samsung Grand Prime di gerai resmi Samsung cukup menggoda hati, tetapi alam bawah sadar mengatakan bisa cepat bosan jika membeli Android lagi. Memang selama ini banyak opini publik jika membeli Smartphone harus Samsung karena keunggulan daya tahannya dan kemudahan jangkauan After Sales Service yang sudah banyak tersebar dimana-mana.
      Pikiran ini masih diselimuti rasa penasaran yang yang terbendung kemanakah gw harus menjatuhkan pilihan merek Smartphone yang sesuai dengan jati diri tetapi dapat mengakomodir aktivitas kebutuhan sehari-hari gw sebagai pekerja lapangan. Hari Sabtu bertekad ke cari inspirasi ke Summarecon Mall Serpong (SMS) untuk mencari inspirasi. Tiba-tiba langkah kaki terhenti di sebuah gerai Oke Shop yang banyak menjajakan pilihan ragam smartphone besutan Microsoft (dahulu Nokia). Banyak image miring yang tercipta saat Nokia pertama kali memperkenalkan Windows Phone. Isu yang beredar bahwa software Windows Phone yang tertanam di setiap seri Nokia selalu banyak masalah yang menghampiri. Intinya persepsi publik banyak yang mengomentari bahwa Windows Phone belum sebaik Android ciptaan Samsung yang sangat stabil hingga kini. 
     Ogah menelan mentah-mentah opini publik selama ini, maka gw putuskan untuk menghampiri gerai Oke Shop tersebut dan meng-explore habis-habisan kehandalan dapur pacu Windows Phone 8.1 generasi terbaru yang digadang-gadang sudah jauh lebih sempurna oleh pihak Microsoft sang penciptanya. Pandangan pertama langsung tertuju pada display Lumia 640XL Dual Sim berwarna hitam karena varian ini selain paling besar ukurannya juga paling unik interfacenya dibanding varian lain. Setelah mengamati sebentar barulah ketahuan isi dapur pacu dibalik casing Lumia 640XL Dual Sim ini lumayan powerfull untuk ponsel Middle Smartphone yang dihargai Rp 2.999.999 saat Launching di bulan May lalu. Berikut ini adalah spesifikasi general Lumia 640XL Dual Sim yang masuk kategori Phablet: 
    
Spesifikasi General Microsoft Lumia 640XL DUAL SIM


    Tak terasa jari jemari sudah explore Lumia 640XL Dual SIM ini lebih dari 15 menit lamanya. Untungnya si mba dan mas penjaga toko sangat sabar melayani pembeli tipe kaya gw ini, jadi gw bisa menarik kesimpulan mengapa gw jatuh hati pada Lumia 640XL Dual SIM ini dibanding seri Lumia Windows Phone yang lain, berikut rangkumannya: 
  • Slot Dual SIM



  • Baterai 3.000 MAh

Baterai kapasitas besar 3.000 MAh dirasa mumpuni untuk Smartphone kelas Middle-End

  • Layar Corning Gorilla Glass
Layar 5.7 Inch Super Glossy karena diberi tambahan Corning Gorilla Glass yang Anti Gores & Tahan Banting
  • Kamera 13 MP & 5MP

Kamera Belakang dipersenjatai 13MP dengan Lensa Carl Zeiss dan Kamera Depan 5MP dengan Fitur Wide Angle untuk menyempurnakan hasil ber-Selfie ria


Kualitas Foto Indoor Kamera Belakang 13 MP Lumia 640XL Dual SIM sangat tajam & jernih


 Kualitas Foto Outdoor Kamera Belakang 13 MP Lumia 640XL Dual SIM sangat tajam & jernih

  • APLIKASI Office 365


  • APLIKASI Here Maps & Here Drive
    Aplikasi Here Maps buatan Microsoft dirasa lebih interaktif dan komunikatif dibanding Google Maps yang sudah tak asing lagi. Fitur Peta Offline dan Tampilan Peta 2 Dimensi layaknya Google Earth patut diacungi jempol. Ditambah lagi Microsoft juga menghadirkan Here Drive untuk memudahkan pengemudi mobil mengakses GPS saat berkendara yang mana tujuannya untuk saling melengkapi Aplikasi Here Maps. 

Tampilan Here Maps & Here Drive pada Lumia 640XL Dual SIM yang lumayan bisa diandalkan kemampuannya dan kenyamanan penggunaannya.

  • APLIKASI One Drive
    Aplikasi penyimpanan gratis berbasis Cloud bernama One Drive yang menyediakan space hingga 30GB dirasa mencukupi untuk menyimpan file penting sebagai Back-Up jika Smartphone kesayangan mengalami kerusakan software.




KELEMAHAN LUMIA 640XL DUAL SIM?

  • APLIKASI File Manager Windows Phone
Minus Aplikasi FILE MANAGER, tak usah khawatir dapat di-install pada Windows Phone Apps Store 640XL DUAL SIM


    Jika kalian memasukkan slot memory card berjenis Micro SD jangan kaget jika tidak terbaca saat ingin mengirimkan file melalui Instan Messaging, seperti WhatsApp, Email, dll. Memang terkesan agak "aneh" berbeda dengan software ponsel Android yang sudah terinstall dari pabrikannya. 
  • APLIKASI BBM Windows Phone
Aplikasi BBM Windows Phone berjalan sangat "lemot" dibanding Android yang jauh lebih cepat loading-nya

    Sangat aneh mengapa Aplikasi Blackberry Massenger (BBM) di Windows Phone berjalan sangat lambat saat aplikasi baru dibuka maupun saat menerima ataupun berkirim pesan. Diperparah lagi jika koneksi internet below HSDPA, maka dijamin akan semakin lama menunggu aplikasi terbuka ataupun aplikasi BBM mendadak otomatis menutup sendiri. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan respons aplikasi BBM di ponsel Android yang mana kualitas koneksi internet tidak terlalu bagus pun dapat berjalan dengan lancar. Mungkin Microsoft harus memperbaiki lagi software Windows Phone 8.1 yang tertanam di Lumia 640XL Dual SIM-nya.
  • MINUS APLIKASI GO-JEK
    Anda ingin menggunakan layanan Go-Jek alias Ojek Online yang sedang "happening" belakangan ini? Rupanya anda harus bersabar menunggu hingga dari pihak vendor Go-Jek bersedia untuk membangun portal aplikasinya di Windows Phone Apps Store. Mungkin karena pengguna Windows Phone belum sebanyak pengguna Android yang lebih merakyat menjadikan Aplikasi Go-Jek saat ini baru tersedia di Android Apps Store maupun di Apple Apps Store. 

 Minus Aplikasi Go-Jek pada Windows Phone Apps Store 640XL DUAL SIM


Review 3 Bulan Pemakaian LUMIA 640XL Dual SIM?

  • Butuh waktu 2 minggu untuk transisi penyesuaian (adaptasi) dari Interface Android ke Windows Phone 8.1 pada Lumia 640XL Dual SIM hingga betul-betul paham & nyaman.
  • Tidak banyak kendala berarti dengan Software Windows Phone 8.1 penyempurnaan Microsoft dirasa sudah lebih baik ketimbang Windows Phone pada Nokia Lumia terdahulu (based on testimoni teman sesama pengguna Nokia Lumia)
  • Tampilan unik & futuristik Windows Phone banyak mencuri perhatian dibanding tampilan Android yang sudah lebih merakyat. 
  • Untuk keperluan bisnis dirasa sangat nyaman Aplikasi Office 365 yang masih "Free Subscription" hingga 1 tahun ke depan (Privilege khusus pengguna Lumia 640XL Dual SIM). 
  • Layar besarnya 5.7 inch with Corning Gorilla Glass yang super glossy sangat membantu dikala harus presentasi dadakan dengan klien di lokasi proyek.
  • Kemampuan baterai Li-Ion 3.000 mAh sangat mumpuni untuk Full Browsing, Apps Surfing, dan nelpon bisa bertahan hingga 2 hari. 
  • Untuk keperluan Outdoor Activities sangat mumpuni Kamera Belakang 13 MP yang sangat jernih hasilnya dalam kondisi terang maupun minim pencahayaan.
  • Kualitas speaker saat memutar music sangat jernih kualitas suara yang dihasilkan. 
  • Harga jual perkenalan Rp 2.999.999 per May 2015 dirasa masih "Reasonable" berbanding lurus dengan segudang fitur dan manfaat yang dirasakan melebihi harapan akan sebuah Smartphone, dan sangat layak dibeli...
  • Berani Coba???


 Varian Baru Lumia 640XL Dual SIM yang baru saja diperkenalkan ke publik setelah 640XL DUAL SIM


Serupa Bentuknya Tapi Tak Sama Dapur Pacunya

Comments