Mengenal Varian Sedan Bermesin Diesel Yang Pernah Hadir di Indonesia
Teknologi mesin diesel yang pertama kali diperkenalkan oleh Rudolf Diesel ini ternyata membawa dampak perubahan besar khsususnya di Industri Otomotif Tanah Air. Jauh sebelum kemunculan teknogi mesin diesel sebetulnya teknologi motor bakar pada mesin bensin telah lebih dahulu digandrungi oleh mayoritas kalangan sebagai tren baru dimulainya era Revolusi Industri termasuk di dalamnya aplikasi pada kendaraan bermotor roda empat.
Toyota Crown Comfort- varian mobil mewah yang tersedia pilihan mesin diesel
Pun begitu dengan teknologi mesin diesel pada kendaraan bermotor yang memulai debutnya di Indonesia pada awal tahun 1960-an ditandai dengan tenggelamnya pamor truk buatan Amerika bermesin bensin digantikan dengan truk bermesin diesel yang jauh lebih efisien namun ketika itu keduanya masih belum ramah lingkungan seperti era saat ini. Seiring perjalanan panjang teknologi mesin diesel mengukir sejarah di industri otomotif tanah air yang tidak melulu didominasi oleh segmen kendaraan komersial namun juga pernah "naik kelas" dengan hadirnya segmen kendaraan sedan "diesel" yang diposisikan untuk kalangan menengah. Walaupun sepanjang beberapa dekade lalu sedan bermesin diesel ini belum bisa menandingi pamor kendaraan bermesin bensin yang juga semakin efisien nyatanya kehadirannya masih selalu dinanti oleh sebagian kecil kalangan penggemar otomotif tanah air.
Ruang mesin Nissan Cedric Y31 yang mengusung mesin diesel 6-silinder 3.200cc
Berikut ini penulis akan menguraikan varian sedan bermesin diesel apa saja yang pernah dipasarkan di Indonesia namun sering tidak disadari kehadirannya di tengah-tengah kita sebagai masyarakat awam pengguna kendaraan bermotor:
Era 1980-an:
- Holden Isuzu Gemini "Diesel" 1987
Wajah Isuzu Gemini Diesel Ex.Taksi yang masih prima kondisinya walaupun sudah berumur
Sosok Isuzu Gemini Diesel yang masuk ke Indonesia juga menyediakan varian mesin yang dilengkapi Turbocharger dan Transmisi Otomatis
Sosok Isuzu Gemini Diesel Ex.Taksi yang sudah berubah menjadi kendaraan pribadi
Interior Holden Isuzu Gemini Diesel yang beredar di Indonesia
Holden Isuzu Gemini Diesel yang pernah dijadikan armada taksi President Taksi hingga era 90-an
Sosok Isuzu Gemini Diesel di Jepang sebagai kendaraan non-komersial
- Opel Rekord "Diesel" 1981
Sosok Opel Rekord Diesel yang masih terjaga originalitasnya
Bodi panjang khas Station Wagon menjadikan Opel Rekord Diesel memiliki keunikan tersendiri di masa keemasannya
Ruang bagasi Opel Rekord Diesel yang sangat luas karena mobil ini berjenis station wagon
Mesin Diesel berkapasitas 2.000cc yang diemban Opel Rekord dirasa cukup bertenaga kala itu
Opel Rekord Diesel yang telah mengalami sedikit sentuhan modifikasi bergaya modern
- Mercedes Benz W123 "Tiger" 240D "Diesel" 1983
Sekilas tidak ada bedanya dengan varian bermesin bensin, namun inilah sosok Mercy Tiger 240D yang sangat terbatas populasinya di Indonesia
Tampak belakang Mercy Tiger 240D bermesin diesel ini tak ubahnya varian bermesin bensin yang jauh lebih banyak populasinya
Sosok mesin diesel berteknologi modern yang diaplikasi pada Mercy Tiger W240D
Selain versi sedan bermesin diesel, pabrikan Mercedes Benz juga memproduksi varian Station Wagon bermesin diesel berkode 300TD yang populasinya sangat langka di Indonesia
Era 1990-an:
- Nissan Cedric "Diesel" 1992
Armada pertama taksi eksekutif Silver Bird menggunakan Nissan Cedric keluaran th 1992 Ex.KTT Non Blok yang kini dipajang di Museum Transportasi TMII sebagai saksi sejarah
Nissan Cedric Y31 juga dijadikan sebagai Armada Taksi Reguler di luar negeri
Era Awal 2000:
- Toyota Crown Comfort "Diesel" 2004
Toyota Crown Comfort yang terakhir kali masuk Indonesia pada tahun 2004 mengakhiri debutnya sebagai armada taksi eksekutif Silver Bird di ibu kota
Tampak Belakang "sederhana" Toyota Crown Comfort Ex.Taksi Silver Bird
Interior Depan sederhana nan minimalis Toyota Crown Comfort Ex. Taksi Eksekutif Silver Bird
Interior Belakang Toyota Crown Comfort Ex.Taksi Eksekutif Silver Bird terdapat "gundukan" di lantainya pertanda menggunakan penggerak roda belakang
Wujud mesin diesel 4-silinder segaris Toyota Crown Comfort
Toyota Crown Comfort juga tersedia untuk pasar Amerika
Toyota Crown Comfort untuk pasar Amerika
Toyota Crown Comfort juga dijadikan armada taksi reguluer di Hongkong
Toyota Crown Comfort di Jepang menyediakan 2 pilihan trim kemewahan
Era 2011:
- BMW 520d "Diesel" 2011
Varian Sedan Bermesin Diesel Pertama BMW yang hadir untuk pasar otomotif Indonesia
Interior BMW 520d bermesin diesel ini tak ubahnya varian bermesin bensin yang juga dilengkapi tuas transmisi i-Drive
- BMW 320d Sport "Diesel" 2016
- Mercedes Benz E250 CDI "Diesel" 2016
Setelah cukup lama "vakum" akhirnya pabrikan Mercedes Benz juga merilis varian bermesin diesel untuk menyangi rival terberatnya BMW 520d yang lebih dahulu hadir di Indonesia
Mesin diesel berteknologi modern yang diusung nyaris halus dan minim getaran menyerupai varian bermesin bensin
Kelebihan Sedan Bermesin Diesel Masa Kini:
- Teknologi Commonrail dipadu Turbo Intercooler pada mesin diesel modern saat ini mampu menghasilkan performa nyaris setara mesin bensin teknologi terkini.
- Getaran & Noise yang dihasilkan mesin diesel berteknologi Commonrail saat ini semakin halus & minim getaran sehingga tingkat kenyamanan pengemudi maupun penumpang hampir menyamai mobil bermesin bensin.
Kelemahan Sedan Bermesin Diesel Masa Kini:
- Sejak dahulu kala mobil berteknologi mesin diesel selalu memiliki banderol harga jual yang lebih tinggi dari mobil sejenis bermesin bensin.
- Teknologi mesin diesel Commonrail saat ini membutuhkan bahan bakar solar berkualitas tinggi sehingga jangan heran untuk di Indonesia sendiri harga jual retail Solar Dex di SPBU Pertamina masih lebih tinggi dibanding Pertamax Plus untuk mesin berbahan bakar bensin. Walaupun ada varian bahan bakar solar baru bernama Dex Lite yang lebih terjangkau namun nilai oktan (RON) yang dimiliki belum direkomendasikan oleh ATPM mobil sedan bermesin diesel.
- Walaupun konsumsi BBM lebih efisien dari mobil bermesin bensin, faktanya biaya perawatan rutin yang harus dikeluarkan lebih tinggi dari mobil sejenis bermesin bensin (Contoh: Jika mobil bensin mengkonsumsi oli mesin sebanyak 4 liter maka mobil bermesin diesel membutuhkan asupan oli lebih banyak hingga 6 liter dengan rincian harga per liternya jauh lebih mahal daripada oli mesin mobil berbahan bakar bensin. Selain mengganti filter oli dengan yang baru saat melakukan penggantian oli mesin masih harus ditambah lagi mengganti filter solar yang harganya pun juga tidak murah sehingga berujung semakin tingginya biaya pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan untuk operasional kendaraan)
- Harga jual kembali/ Resale Value sedan bermesin diesel masa kini yang jeblok karena minimnya peminat sekaligus populasi yang terbatas di pasaran. Persepsi masyarakat Indonesia masih menganggap sedan bermesin diesel kurang prestise dibanding sedan bermesin bensin yang lebih umum.
FAKTA UNIK SEDAN BERMESIN DIESEL:
- Sejak 30 tahun silam, sedan bermesin diesel sangat digandrungi masyarakat di belahan benua Eropa karena dianggap jauh lebih efisien dan tingkat kesadaran yang lebih baik akan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Pabrikan mobil Eropa yang memproduksi sedan bermesin diesel juga membuat versi mesin bensin pada seluruh jajaran lini produknya.
- Di era 2000-an ternyata negara India yang sedang berkembang pesat industri otomotifnya juga sedang gandrung menggunakan mobil termasuk sedan bermesin diesel. Tercatat pabrikan Jepang sedang berlomba-lomba memperbanyak varian model mobil kompak bermesin diesel untuk konsumsi masyarakat India.
- Blue Bird Group yang telah sejak lama menjadi Market Leader di industri transportasi taksi konvensional ini belum menyatakan ketertarikannya untuk mengganti armadanya taksi regulernya dengan sedan bermesin diesel karena ATPM dinilai belum siap menyuplai sedan diesel untuk Fleet Market dan perhitungan biaya pemeliharaan yang dianggap tidak efisien untuk operasional taksi sehari-hari.
BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Comments
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
Post a Comment
Berkomentarlah secara bijak dan santun. Segala bentuk SPAM, SARA yang memprovokasi akan langsung dihapus oleh admin