Tips & Trik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali Ala Travel Blogger

Review Lengkap Liburan Hemat Berkesan ke Bali ala Travel Blogger

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Pantai Kuta sebagai destinasi favorit bagi traveller perdana mengunjungi Bali 



Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Obyek Wisata Tanah Lot yang telah lama melegenda ini wajib dikunjungi

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Gerbang masuk obyek wisata Garuda Wisnu Kencana

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Patung Garuda Wisnu Kencana yang telah rampung 80% pengerjaannya saat ini diprediksi selesai pada tahun 2018 mendatang

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Jika telah rampung 100%, patung GWK akan berada diatas patung Garuda ini

     Pesona pulau Bali bisa dikatakan tiada habisnya layaknya sebuah magnet tersembunyi baik bagi yang sudah pernah mengunjungi Bali maupun bagi yang baru pertama kali berencana ingin berlibur ke pulau Dewata. Penulis sendiri yang sudah 2x berlibur ke pulau Bali pada libur Natal 2013 silam dan Libur Tahun Ajaran Baru Juni 2016 belum lama ini pun masih merasa belum puas menjelajahi seluruh penjuru Bali yang menyimpan begitu banyak eksotisme tersembunyi yang sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Dibalik eksotisme pulau Bali yang telah mendunia, ternyata bagi sebagian masyarakat Indonesia "masih" memiliki pandangan main-stream mengurungkan niat berlibur ke Bali dengan alasan berlibur ke luar negeri jauh lebih murah & lebih bergengsi daripada Bali yang notabene masih tergolong wisata domestik. 

    Memang harus diakui jika opini publik yang beredar di masyarakat pun beralasan dikarenakan prosentase kunjungan turis mancanegara lebih mendominasi ketimbang turis lokal sehingga tingkat konsumsi di Bali pun mengacu pada daya beli turis mancanegara yang lebih tinggi karena biaya hidup di negara asal para turis pun lebih mahal. Padahal jika kita sebagai Warga Negara Indonesia Asli mau sedikit bersusah payah mengumpulkan berbagai informasi maupun rekomendasi dari berbagai literatur yang sangat mudah dijangkau di era digital ini, bukan mustahil Liburan ke Bali bisa jauh lebih terjangkau & tidak kalah bergengsi dibanding plesiran ke negara tetangga. Sejatinya jika dikalkulasi lebih mendalam, kebutuhan biaya liburan terbagi menjadi 2 kategori yaitu kebutuhan biaya Primer dan Sekunder. Apa itu kebutuhan biaya Primer dan Sekunder? Analogi sederhananya Kebutuhan Primer adalah kebutuhan biaya terprediksi yang tidak bisa dihindarkan dalam melakukan aktivitas konsumsi selama liburan, contohnya:
  1. Biaya Transportasi Menuju Bali
  2. Biaya Transportasi Di Bali
  3. Biaya Akomodasi
  4. Biaya Konsumsi 
   Sedangkan kebutuhan biaya sekunder lebih condong ke kebutuhan penting lainnya namun sifatnya optional (sifatnya bukan prioritas utama, boleh dipilih menyesuaikan keadaan) yang mana bisa menyesuaikan situasi, kondisi budget, dan kebutuhan aktual, contohnya:
  • Tiket masuk Obyek Wisata
  • Oleh-Oleh
     Seandainya kalian tidak memiliki banyak alokasi anggaran untuk kebutuhan sekunder alangkah bijaknya tidak perlu terlalu memaksakan diri masuk ke obyek wisata bertarif masuk tinggi ataupun membeli terlalu banyak oleh-oleh melainkan pilihlah obyek wisata yang tergolong murah saja dan belilah oleh-oleh secukupnya & semampunya saja yang terpenting seluruh kebutuhan dapat tercukupi dengan baik. Sekarang mari kita bahas lebih mendetail bagaimana cara mensiasati komponen Biaya Primer agar tabungan yang telah kalian kumpulkan dari sejak lama bisa dialokasikan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan Travelingmu:

1. Biaya Transportasi Menuju Bali

    A. Bus Malam Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) Jakarta - Denpasar

Tips & Trik Cerdik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Bus Malam AKAP Safari Dharma Raya (d/h OBL) yang sangat recommended karena harga tiketnya stabil tidak terpengaruh musim liburan kecuali saat Hari Raya Lebaran saja
Moda Transportasi Bus Malam AKAP rute Jakarta - Denpasar pastilah terdengar asing di telinga kita sejak era Low Cost Carrier atau Budget Airline mengalami booming di era 2000-an, tetapi tahukah kalian moda transportasi darat yang mengalami masa kejayaannya di medio 80 hingga 90-an ini sebagai alternatif pilihan terbaik bagi masyarakat awam kala itu untuk bisa menuju Pulau Bali dengan biaya terjangkau. Walaupun saat ini mayoritas konsumen setia moda transportasi Bus Malam AKAP banyak yang beralih ke moda transportasi udara Budget Airline yang dianggap jauh lebih cepat dan murah, kenyataannya Bus Malam AKAP tetap saja masih eksis hingga kini karena masih memiliki pelanggan setianya yang tidak bisa pindah ke lain hati salah satunya yaitu kalangan backpacker sejati yang ingin berpetualang hemat ke pulau Bali. Dibalik pamor Bus Malam AKAP yang semakin meredup, berbagai alasan mendasar yang melatarbelakangi sebagian kalangan masih setia menggunakan moda transportasi Bus Malam AKAP menuju Pulau Bali, antara lain:
  • Tarif Bus Malam AKAP Executive Class hanya berkisar Rp 450rb/ orng sekali jalan saat Low Season dirasa lebih murah dari tiket Budget Airline berkisar hampir Rp 600rb-an dengan kurun waktu pemesanan yang sama di H-7. Kemampuan bertahan Bus Malam AKAP di tengah persaingan yang begitu sengit dengan sesama pesaing di industri yang sama maupun antar moda transportasi udara dan laut tentu diimbangi dengan strategi sistem jemput bola Perusahaan Otobus (P.O) Bus Malam yang mana memungkinkan pelanggan naik bus dari Agen terdekat dengan tempat tinggal tanpa harus repot menghampiri terminal keberangkatan yang rawan calo, copet, jambret, dll ataupun bisa juga mampir ke agen terdekat untuk selanjutnya diantar menggunakan Free Shuttle Service ke kantor pusat P.O ybs sebagai lokasi keberangkatan Bus Malam AKAP yang aman dan nyaman menuju Pulau Bali.
Shuttle Service Gratis khusus penumpang OBL yang akan dijemput dari agen tiket rekanan menuju lokasi keberangkatan di Kantor Pusat Kebayoran Lama No.45

Bus Malam AKAP Safari Dharma Raya (OBL) sudah terparkir di Kantor Pusat Kebayoran Lama No.45 siap berangkat menuju Terminal Mengwi- Denpasar
  • Perjalanan via darat non-stop dari Jakarta menuju Pulau Bali menggunakan bus malam AKAP bisa menghabiskan waktu tempuh sekitar 30jam lebih namun kalian akan merasakan sebuah chemistry yang berbeda karena disuguhkan berbagai panorama alam yang begitu indah sepanjang jalur Pantura, deburan ombak saat menyeberangi Selat Bali, hingga keindahan pemandangan sawah bertingkat di pinggir pantai sepanjang jalur Negara hingga Tabanan sebelum memasuki kota Denpasar- Bali.
  • Bus Malam AKAP Executive Class masa kini sudah menggunakan armada bus terbaru yang telah dilengkapi Air Suspension atau Suspensi Udara di seluruh roda penggeraknya selain itu juga memiliki konfigurasi kursi 2-2 berdimensi lebar nan empuk telah dilengkapi fitur Reclining Seat, Hand Rest, & Leg Rest, fasilitas Toilet di dalam bus, Hiburan Audio Video, Snack 1x, dan Service Makan 3x dirasa jauh lebih nyaman dan memanjakan penumpang untuk perjalanan jauh ketimbang moda transportasi udara Budget Airline dan Kereta Api tidak menyediakan snack dan service makan gratis selama di perjalanan.
Baca Juga: Catatan Perjalanan 36 Jam Safari Dharma Raya (OBL) Jakarta - Denpasar
Seat Executive Class OBL tujuan Denpasar berkonfigurasi 2-2 sangat nyaman untuk perjalanan jauh


    B. Kereta Api Jakarta - Denpasar

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Naik kereta api kini sudah tersedia tujuan Denpasar

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Promo potongan Rp 20.000 tiket kereta api ke semua rute dengan memesan memalui situs booking online pegipegi.com

Tips & Trik Cerdik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali Ala Zenrooms
Kereta ekonomi masa kini dengan standar pelayanan yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya
Jika kalian merasa perjalanan menggunakan kereta api jauh lebih nyaman & aman dibanding Bus Malam AKAP saat ini telah tersedia tiket KAI terusan Jakarta Denpasar. Disini kalian harus 2x membeli tiket yaitu Tiket KA Jakarta - Surabaya dan Tiket Terusan Surabaya - Denpasar. Tiket terusan yang dimaksudkan disini yaitu Harga Tiket KA sudah termasuk Harga Tiket Penyeberangan Kapal Ferri Ketapang - Gilimanuk, dan Tiket Feeder Bus Damri dari Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk menuju pusat kota Denpasar. Jadi walaupun kalian loyalis sejati moda transportasi Kereta Api namun berhubung jalur kereta api di pulau Jawa berakhir di kota Banyuwangi- Jawa Timur maka kalian tetap harus melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Medium agar bisa tiba di kota Denpasar sebagai titik awal petualangan di Bali. Beberapa alasan mendasar moda transportasi Kereta Api selalu diburu oleh masyarakat luas khususnya kalangan backpacker sejati yaitu:
  • Tidak seperti Bus Malam AKAP yang hanya menyediakan 1 pilihan kelas Executive saja menuju Pulau Bali lain halnya dengan Kereta Api yang menyediakan lebih banyak variasi kelas dari Ekonomi, Bisnis, hingga Eksekutif sehingga pilihan termurah kelas Ekonomi pun masih dirasa bisa menekan budget alias pengeluaran lebih baik daripada pilihan Bus Malam AKAP kelas Executive. 
  • Memilih moda transportasi Kereta Api kelas Ekonomi saat ini sudah lebih memanusiakan penumpang karena seluruh kabin telah dilengkapi pendingin udara/ AC Split, terbebas dari calo tiket & pedagang asongan yang dahulu kala sering masuk ke dalam kereta, kursi yang lebih ergonomis dari sebelumnya, dan jadwal keberangkatan dan kedatangan hampir selalu tepat waktu. Bisa dibilang kualitas pelayanan yang dihadirkan oleh PT. KAI saat ini sudah jauh lebih baik diatas rata-rata mampu memenuhi harapan masyarakat luas akan sebuah moda transportasi massal untuk mempermudah mobilisasi ke daerah tujuan masing².
Baca Juga: Sensasi Jakarta Denpasar naik Kereta Api
Penampakan jok kereta api Ekonomi beberapa tahun lalu yang masih ala kadarnya

Tips & Trik Cerdik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali Ala Zenrooms
Jok kereta api Ekonomi yang jauh lebih ergonomis saat ini telah berbenah semakin memanjakan penumpangnya

    C. Budget Airline Air Asia


Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Promo Diskon Hotel & Tiket Pesawat tujuan Domestik & Internasional khusus di Traveloka Apps
Sesuai dengan namanya, Budget Airline fokus utamanya pada harga tiket yang murah yang memungkinkan setiap orang bisa sesering mungkin bepergian dengan pesawat. Namun promo Tiket Murah Budget Airline terkadang harus dipesan sangat jauh-jauh hari selama hampir 1 tahun sebelum tanggal keberangkatan ditambah lagi periode terbangnya juga diatur sesuai dengan syarat & ketentuan dari pihak maskapai yang bersangkutan. Bermodalkan pengalaman 2x Travelling ke Bali maka penulis mencoba berbagi tips cerdik membeli tiket Budget Airline dengan harga terbaik ala Travel Blogger namun tetap nyaman mengatur jadwal penerbangan sesuai kebutuhan travelling kamu:
  • Pesanlah melalui Situs Booking Online. Jika kalian mendapat iming-iming tawaran tiket murah melalui Travel Agent maka cobalah untuk membandingkan harganya terlebih dahulu dengan harga final pada situs booking online sudah pasti harganya bisa lebih murah dengan jadwal dan pilihan maskapai penerbangan yang sama. 
  • Pesanlah Tiket Budget Airline Air Asia melalui Situs Booking Online pada hari Selasa dengan waktu keberangkatan dua bulan kedepan saat kondisi masih Low Seasons maka kalian akan dibanjiri berbagai hot promo yang sangat menggiurkan bisa menekan pengeluaran dengan signifikan sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.
  • Penulis telah membuktikan memesan Tiket Promo Air Asia pada hari Selasa di minggu pertama bulan April 2016 untuk keberangkatan tgl 6 Juni 2016 sebelum Libur Tahun Ajaran Baru mencapai titik terendah di level Rp 413.000 ALL IN per orang untuk sekali jalan dengan tujuan Jakarta - Denpasar di pagi hari, menarik bukan?
Tiket Promo Air Asia yang dipesan 2 bulan sebelum keberangkatan melalui situs booking Traveloka.com sudah ALL IN tidak ada tambahan biaya lagi

2. Biaya Transportasi Di Bali

    A. Angkutan Umum Di Bali
Bisa tiba di Bali dengan selamat bermodalkan tiket hemat adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi para traveller khususnya backpacker, tetapi jangan lupakan juga untuk menyewa kendaraan yang akan digunakan untuk menjelajah seluruh penjuru pulau Bali. Mengapa harus menyewa kendaraan dikarenakan populasi angkutan umum (Angkot) bertarif murah Non-Taksi di Bali yang semakin hari semakin menyusut karena tingkat kesejahteraan masyarakat Bali yang semakin baik mampu membeli kendaraan pribadi sendiri menjadikan moda transportasi umum seperti angkot makin kurang diminati lagi untuk mobilisasi sehari-hari. Situasi saat ini sangat berbeda dengan kondisi pada era 90-an akhir yang mana pilihan angkutan umum murah masih menjadi primadona masyarakat asli Bali. Tren digital yang berkembang memunculkan kebutuhan baru transportasi online seperti Uber & Gojek juga tidak bisa banyak diandalkan oleh para backpacker untuk plesiran keliling Bali karena kehadirannya belum diterima dengan baik oleh seluruh pelaku industri transportasi darat yang telah eksis lebih dulu di Bali. 
    B. Rental Mobil Self Driving

Suzuki New Karimun Estilo lansiran tahun 2010 yang lucu & unyu ini sebagai kendaraan sewa lepas kunci (Self Driving) termurah di Bali

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
 Toyota Agya keluaran tahun 2015 ini sangat cocok bagi kalian berempat yang ingin plesiran keliling pulau Bali sepuasnya

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Bagasi Toyota Agya ini memang tidak terlalu luas dibanding Suzuki New Karimun Estillo tetapi masih dirasa cukup untuk membawa barang bawaan kalian berempat

Banyak pilihan sewa transportasi murah di Bali mulai dari Rental Harian Sepeda Motor dan Mobil Pribadi Lepas Kunci Menyetir Sendiri, hingga yang termahal Rental Mobil plus sopir pribadi. Penulis menyarankan jika kalian backpacker berdua ke Bali akan lebih hemat menyewa sepeda motor matic lepas kunci bertarif Rp 60.000 per 24 jam diluar bensin. Atau jika kalian pergi backpacker hemat berempat ke Bali alangkah baiknya menyewa mobil Lepas Kunci berjenis Citycar seperti Karimun Estillo yang dibanderol termurah hanya Rp 160.000 per 24 jam ataupun Toyota Agya keluaran terbaru yang hanya dibanderol Rp 180.000 per 24 jam juga tidak termasuk bensin dirasa sangat Value For Money bagi kalian yang pergi berkelompok ingin menjelajah seluruh pelosok Bali hingga puas dengan anggaran terbatas.
Baca Juga: Fakta Unik Rental Mobil Self Driving di Bali
3. Biaya Akomodasi

    A. Home Stay Jl.Popies Lane

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Jl. Popies Lane 1 persis dimulai dari depan Monumen Bom Bali 1 membentang hingga Jl. Popies Lane 2 tepat di depan Pantai Kuta
Setibanya di Bali penulis merasa sedikit lebih tenang jika sudah mendapatkan rental mobil Self Driving alias Lepas Kunci karena bisa langsung digunakan dari Airport Ngurah Rai Bali menuju tempat penginapan incaran yang telah kita booking sebelum waktu keberangkatan. Banyak sekali pilihan tempat penginapan berbagai kategori harga & fasilitas yang ditawarkan terutama di pusat keramaian Bali seperti Kuta, dan Legian. Jika alokasi anggaran kalian sangat terbatas untuk komponen biaya penginapan biasanya para backapacker sejati menyambangi daerah Poppies Lane yang membentang dari Legian hingga ke Pantai Kuta ini juga menjadi penginapan favorit para backpacker mancanegara yang singgah di Pulau Bali. Di balik daya tarik keterjangkauan Homestay Poppies Lane yang telah mendunia di kalangan backpacker ternyata tetap memiliki kekurangan karena letaknya berada di sebuah gang permukiman padat penduduk tentu menjadi sebuah kendala jika kalian ingin memarkirkan kendaraan sewa di depan homestay tempat kalian menginap. Tarif rata-rata menginap di Homestay Poppies Lane berkisar antara Rp 100 hingga 200rb-an per malam dengan fasilitas kamar standar ala kamar kost di kota-kota besar pada umumnya.
Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Kawasan Popies Lane yang masih menjadi primadona bagi para traveller yang mencari penginapan murah meriah di pusat keramaian Bali

    B. Promo Booking Online Budget Hotel

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Selain bekerja sama dengan banyak situs booking online yang ada, Zenrooms Hotel juga bisa diunduh di IOS & Android Play Store untuk pemesanan kamar sesuai kebutuhanmu
Menurut pandangan penulis sebetulnya penginapan di Popies Lane masih tergolong layak huni walaupun tidak semewah Hotel Melati Bintang 1 atau 2 pada umumnya. Jika kalian baru pertama kali ke Bali tentu ingin memanfaatkan waktu seoptimal mungkin untuk mengeksplorasi obyek wisata di Bali sehingga kebutuhan akan penginapan pun tidak perlu terlalu mewah hanya untuk sekedar istirahat melewatkan malam. Beruntungnya saat ini kemajuan teknologi informasi yang sulit dibendung semakin tak mengenal batas yang justru banyak membawa manfaat bagi para traveller jika cerdik mengoptimalkan koneksi internet pada smartphone kita. Bagi para traveller, informasi adalah aset paling berharga untuk bisa menikmati liburan dengan maksimal. Mencari dan memesan hotel incaran kini semakin mudah dilakukan dalam genggaman melalui situs atau aplikasi booking online yang sedang gencar menggaet pelanggan dengan membanjiri berbagai promo hemat. Namun perlu diingat terkadang promo hemat yang ditawarkan belum tentu sesuai dengan kebutuhan travelling diri kita sendiri. 
Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Promo satu harga pemesanan kamar di seluruh jaringan Zenrooms melalui situs booking online MisterAladin.com sangat berguna bagi traveller yang sedang merencanakan berlibur dalam waktu dekat ini
Adalah jaringan hotel Zenrooms yang bekerja sama dengan situs booking online Misteraladin.com yang mencoba menawarkan promo heboh liburan hemat menginap di seluruh jaringan hotel Zenrooms hanya bermodalkan Rp 99.000 per malam. Bagi kalian yang sedang mengincar tempat penginapan hemat di Popies Lane tapi sudah penuh ataupun sedang mencari penginapan murah berkualitas tidak ada salahnya mencoba promo dari Zenrooms. Dari laman situs resminya Zenrooms menetapkan kualitas tinggi yang dihadirkan berupa fitur fasilitas kamar & pelayanan user friendly berstandar Zenrooms. Penulis sendiri juga penasaran dengan promo liburan hemat Zenrooms sekaligus juga seperti apa hospitality yang ditawarkan oleh jaringan hotel baru dengan segala keunikannya ini. Dengan anggaran Rp 100.000 bisa menginap di seluruh jaringan Zenrooms berwujud Budget Hotel dan bukan homestay ataupun guesthouse. Enaknya lagi jaringan hotel Zenrooms tersebar hampir di seluruh spot wisata Bali; Kuta, Legian, Seminyak, Ubud, dll sehingga kemanapun kalian berpindah-pindah lokasi dari satu obyek wisata ke obyek wisata lain pastilah dengan mudahnya menemukan logo Zenrooms di muka depan Budget Hotel yang kalian lihat.
Baca Juga: Ragam Aplikasi Android Yang Mempermudah Kehidupan
Tips Cerdik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali Ala Zenrooms
Neon Sign Zenroom selalu terpampang jelas di bagian depan bangunan hotel yang mudah ditemui dimana saja

Tips Cerdik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali Ala Zenrooms
Salah satu contoh kamar di jaringan hotel Zenrooms ini sangat menggoda untuk dinikmati saat liburan tiba

Tips Cerdik Liburan Hemat Berkesan Ke Bali Ala Zenrooms
Bathroom Amenities di jaringan hotel Zenrooms konon katanya telah disiapkan terpisah bagi para tamu sehingga memudahkan untuk bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh


Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
 Jaringan Hotel Airy Rooms yang menawarkan alternatif hotel terbaik dengan harga hemat

Complimentary Airy Rooms; Sunrise Meal selama menginap di jaringan hotel Airy Rooms

4. Biaya Konsumsi
  • Makan Prasmanan
Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Warung Nasi Pedas Bu. Andika persis diseberang outlet Joger Kuta tidak jauh dari Airport Ngurah Rai Bali

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Menu Prasmanan Nasi Pedas Bu. Andika sangat ramah di kantong para traveller
Menikmati liburan hemat di Bali juga memerlukan asupan energi dengan makanan yang bergizi secara teratur. Kuliner di Bali banyak didominasi oleh kuliner internasional yang sebagaian besar tergolong mahal harganya. Ternyata sebetulnya banyak sekali lowh alternatif tempat makan murah meriah bertebaran di seluruh penjuru Bali selain Restoran Fast Food tentunya. Lain kota lain pula kebiasaannya, jika di Jakarta dengan mudahnya menemukan Warung Nasi alias Warteg lain halnya di Bali juga tetap menyediakan menu prasmananan olahan khas Bali layaknya warung nasi di Jakarta dengan harga masih ramah di kantong para backpacker yang sedang liburan hemat di Bali. Karena lokasinya cukup strategis mudah dijangkau dari pusat keramaian maka jika penulis berkesempatan lagi mengunjungi Bali pastilah mampir ke warung dibawah ini: 
Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Alternatif lain Warung Nasi Bu. Mangku di daerah Seminyak ini juga layak dicoba 

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Salah satu menu andalan di Warung Bu. Mangku yaitu Nasi Ayam Kedawetan
"Pengalaman adalah Guru Yang Bijak" itulah pepatah yang menjadi dasar atau pegangan penulis belajar dari pengalaman berharga di masa lalu bagaimana mengoptimalkan keterbatasan anggaran yang ada untuk bisa mewujudkan impian berlibur ke Bali. Jika kalian termasuk orang berjiwa penyuka tantangan maupun senang mencoba sesuatu yang baru tidak ada salahnya & tidak ada ruginya menikmati setiap proses demi proses segala keterbatasan yang ada selama berlibur hemat ala Backpacker menjadi sebuah saksi bisu pengalaman unik tak ternilai harganya.
 Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Warung Semesta di daerah Ubud ini kuliner favorit bagi para pencinta menu vegetarian yang menyehatkan

Pengalaman Liburan Hemat Berkesan Ke Bali
Salah satu menu favorit di Warung Semesta Ubud yaitu Nasi Bakar

WHAT WE CAN SAY ?

    Di zaman modern yang serba canggih ini sayang beribu sayang jika tidak mengoptimalkan teknologi internet yang telah diciptakan bagi penggunanya untuk bisa mencapai tingkat efisiensi & produktivitas seoptimal mungkin khususnya dalam hal liburan hemat ke Bali. Pada artikel diatas penulis telah menjabarkan bagaimana setiap keputusan pembelian yang akan dilakukan semua telah ada di dalam genggaman tidak ada batasan lagi yang membatasi diri kalian ingin kapanpun melakukan perjalanan liburan hemat ala Zenrooms. Pandangan Liburan saat ini bukanlah sebuah kebutuhan mewah lagi, semua orang sekarang bisa bepergian kemanapun yang ingin mereka tuju apalagi jika kita jeli dan cerdik memanfaatkan beragam promo menarik dari berbagai aplikasi booking online yang menyempurnakan itenary travelling kita. Semoga postingan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan kalian akan tips & trik cerdik liburan hemat ke Bali ala Zenrooms. Ayo jangan sia-siakan kesempatan berlibur hemat ke Bali sekarang juga...

Selamat Berlibur Hemat ^_^

Comments

FANNY LIM said…
PROMO SPESIAL 100% SABUNG AYAM ONLINE | MENANG TARUHAN BERUNTUN -

Nikmati Promo Spesial Bonus 100% Khusus untuk Taruhan Sabung Ayam Onlie yang di siarkan secara Live (Langsung) dari Arena yang ada di Negara Filipina !

Pertandingan di liput secara live oleh kru proffesional dari Laga Tournament yang di adakan di negara tersebut ! Minimal Deposit hanya IDR 50.000,- Dan Untuk Taruhannya minimal IDR 20.000,- Saja

Dapat di tonton melalui Aplikasi Khusus yang dapat di download dan di Instal di Smartphone Android / iOS kesaangan anda !

Download Aplikasi Sabung Ayam Livenya sekarang juga ! Klik Di sini <<<===

Tersedia :
» Sabung Ayam S128
» Sabung Ayam SV388

Menerima Transakdi Deposit & Withdraw Menggunakan OVO | GOPAY | LINKAJA | DANA | PULSA dan SEMUA JENIS REKENING BANK DI INDONESIA.

Untuk Informasi selengkapnya, Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

» Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita
Cassanova said…
wah keren banget nih artikelnya Silaturahmi