Mengenang Sejarah Tren Desain Karoseri Bus Indonesia Dari Masa Ke Masa
Desain "selendang" Bus Single Deck Setra Top Class 500 banyak diadopsi oleh karoseri bus dalam negeri
Kemiripan desain bus Setra Double Decker di Jerman dengan desain Adiputro Jetbus2+ SDD
Layaknya desain pabrikan mobil yang juga melihat perkembangan tren kemajuan zaman, industri karoseri lokal khususnya yang memproduksi bodi bus juga merasa wajib hukumnya mengikuti tren desain yang sedang digandrungi oleh pasar. Dalam proses perjalanannya, tren desain yang dipopulerkan oleh sang pioneer atau pencipta trendsetter tidak selalu originalitas 100% pastilah ada sedikit lekukan atau garis-garis yang diadopsi dari desain pabrikan lain. Dalam hal ini desain industri karoseri lokal banyak berkiblat ke negeri Eropa dengan melakukan "improvisasi" di beberapa bagiannya agar hasil akhir tampilan eksterior lebih mudah diterima oleh selera pasar para pelanggan di dalam negeri.
Era 1960-an:
Tampak Depan Bus Antik langka Mitsubishi Fuso th 1960 setelah direstorasi
Tampak Belakang Bus Antik Langka Mitsubishi Fuso th 1960 setelah menjalani restorasi
Bus Reguler PPD era-1960 kini telah pensiun & berubah wujud menjadi bus bantuan teknik merangkap bus derek (storing)
Era 1970-an:
Bus AKAP Perdana Lorena 1972 trayek Jakarta-Bogor
Bus AKAP Lorena 1972 karoseri Rahayu Santosa
Bus Pariwisata PPD tahun 1970-an kini berada di Museum Transportasi TMII
Bus lawas LORENA AKAP di era-1970 akhir telah dilengkapi AC Powerpack (AC Gantung) yang sangat mewah di jamannya
Era 1980-an:
Morodadi Prima Bali Indah
Bus AKAP OBL MB OH306 Prima rute Jakarta - Denpasar th 1991 Karoseri GMM "Banteng" yang sangat populer kala itu
Bus Antik MB OH306 Prima GMM th 1991 yang masih terawat sangat baik setelah 25 tahun berlalu
Era 1990-an:
Bus AKAP Executive OBL th 1992 karoseri Morodadi Prima Setra
Model lain desain bus karoseri Mordadi Prima era 1990-an kala itu
Bus AKAP Muji Jaya Karoseri Morodadi Prima model Patriot
Bus Pariwisata lawas Bersama Rahayu Santosa Jetliner yang fenomenal di era 1990-an
Bus Pariwisata lawas Mitsubishi BM karoseri Trijaya Union
Bus lawas AKAP PMTOH model TriunX-2000 buatan Karoseri Trijaya Union di era 1996 silam
Bus lawas AKAP Pahala Kencana Rahayu Santosa Concerto di era-1990 akhir
Bus lawas AKAP Pahala Kencana Rahayu Santosa Concerto di era-1990 akhir
Era 2000-an:
Bus lawas AKDP Indah Murni Kalideres-Bogor Rahayu Santosa Concerto Millenium di awal th 2000
Bus lawas AKAP Pahala Kencana Laksana Proteus di era 2004
Bus lawas AKAP OBL Rahayu Santosa Celcius di era 2004
Bus pariwisata lawas Adiputro Setra Series awal th 2000
Bus pariwisata lawas Adiputro New Travego "Smiley" di era th 2003
Tampak Belakang Bus pariwisata lawas Desiana karoseri Adiputro New Travego "Smiley" di era th 2003
Bus pariwisata lawas Symphonie berbodi karoseri Adiputro Travego New Marcopolo di era th 2004 sudah mengadopsi Tail Light LED
Tampak Belakang Bus AKAP Surya Bali berbaju Adiputro Travego New Marcopolo sudah mengadopsi Stop Lamp LED
Trans Zentrum Pariwisata berbodi Laksana Legacy tahun 2010
Bus AKAP Sinarjaya berbodi Laksana Legacy SR-1 (Facelift) di tahun 2014
Era 2010 keatas:
Karoseri New Armada Evo Next
Karoseri Adiputro Jetbus 2010
Karoseri Adiputro Jetbus 2010
Karoseri Morodadi Royal Travego (model Jetbus)
Karoseri Morodadi Travego
Karoseri Jetbus2+ Setra HD
Karoseri Tentrem Maxx
Karoseri Jetbus2+ SHD
Karoseri Rahayu Santosa Jetliner
Karoseri Rahayu Santosa Skyliner
Karoseri Rahayu Santosa Skyliner
Karoseri Rahayu Santosa Euroliner
Karoseri Tentrem Scorpion X Harapan Jaya
Karoseri Tentrem Scorpion X Bejeu
Karoseri Morodadi Prima GT2
Karoseri Nusantara Gemilang Citiliner
Karoseri Nusantara Gemilang Citiliner
Karoseri Nusantara Gemilang Maxi Miracle Double Decker
Karoseri Nusantara Gemilang Maxi Miracle Double Decker
Ciri khas Desain Karoseri Bus Lawas:
1. Head Lamp
Bus Mercy OF113 Bali Indah Karoseri Morodadi Prima era 1980-an awal lazim menggunakan lampu depan sedan Mercy Tiger W123
Wujud asli Head Lamp atau Lampu Depan Mercy Tiger W123 tahun 1980-an
Lampu Depan Mercy Boxer W124 juga lazim digunakan oleh industri karoseri bus di era 1990-an
Lampu depan sedan Mercy Boxer W124 banyak digunakan pada bus kota PPD MB OH408 Volgren era 1990-an baik yang diimpor utuh dari Australia maupun buatan lokal karoseri Starion- Cirebon
Bus Kota PPD bermesin Mercy OH408 Volgren ini setelah direbody masih mempertahankan Head Lamp Mercy Boxer W124
Lampu depan bus AKDP Arimbi bermesin Hino AK215 ini juga mengadopsi lampu depan Truk Hino Ranger era 1990-an
Lampu depan Karoseri Mikrobus Isuzu Elf juga mengadopsi Head Lamp Truk Isuzu Elf
Lampu depan Karoseri Mikrobus Isuzu Elf juga mengadopsi Head Lamp Truk Isuzu Elf
Lampu depan Karoseri Mikrobus Fuso Canter juga mengadopsi lampu Truk Fuso Canter
2. Stop Lamp
Lampu belakang Bus Kota PPD bermesin MB OF113 era 1980 awal ini mengadopsi lampu belakang kepunyaan MB Mini W114
Lampu belakang sedan Mercy Mini W114 tahun 1970-an juga lazim digunakan pada bodi bus kota PPD bermesin Mercy OF113 keluaran tahun 1970 akhir
Lampu belakang sedan Mercy Boxer W124 juga lazim digunakan pada sebagai lampu belakang pada bodi bus buatan Karoseri Rahayu Santosa Jetliner era 1990-an
Ciri khas Desain Karoseri Bus Modern:
Jika di masa lampau industri karoseri lokal banyak menggunakan komponen pemanis dari produk pabrikan mobil, lain halnya dengan kondisi di era globalisasi saat ini yang lebih banyak didominasi oleh komponen impor dari luar negeri yang sedari awal memang diperuntukkan untuk customized commercial Vehicle. Berikut ini penulis jabarkan apa saja komponen impor aksesoris pemanis custom sekaligus komponen aksesoris pemanis yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri yang menjadi menu wajib diaplikasi pada bodi bus terbaru garapan tangan² kreatif industri karoseri lokal:
Komponen Impor:
1. Head Lamp with LED DRL
LED DRL Headlights milik BMW 525i E60 lansiran 2005 sebagai cikal bakal tren lampu LED "kekinian" yang banyak diaplikasi oleh mayoritas karoseri bodi bus dalam negeri
Lampu Depan sebening kristal + LED DRL pada salah satu produk bodi big bus garapan karoseri Adiputro - Malang
Aplikasi LED DRL pada lampu depan New Jetbus2+ ini sayangnya masih mengandalkan bohlam halogen (bukan HID) sebagai sumber penerangan lampu jauh & senja
Aplikasi LED DRL Lampu Depan "kekinian" pada bodi bus Legacy SR-1 garapan karoseri Laksana - Ungaran
Tren Lampu Depan + LED DRL "kekinian" juga diaplikasi pada bodi bus Legacy SR-2 Infinite garapan karoseri Laksana - Ungaran
2. LED Stop Lamp
LED Stop Lamp milik BMW 525i E60 lansiran 2005 sebagai cikal bakal tren Stop Lamp LED "kekinian" yang banyak diaplikasi oleh mayoritas karoseri bodi bus dalam negeri
Full LED STOP LAMP BMW E60 525i dalam posisi Glow In The Dark
Aplikasi Full LED Stop Lamp bodi bus karoseri Laksana Legacy SR-2 Infinite
Aplikasi Full LED Stop Lamp bodi bus Jetbus2+ Setra karoseri Adiputro
Aplikasi LED Stop Lamp bodi bus Skyliner karoseri Rahayu Santosa
5. Cover Velg Alluminum
6. Air Horn atau Klakson Telolet Bus
7. Air Suspension
8. Air Conditioner (AC)
8. Automatic Sliding Door Pneumatic
Komponen Industri Lokal:
1. Dashboard & Wood Panel Ornament
Aplikasi Vinly Floor motif parquet pada lantai bus
2. Cover Bagasi interior
3. Reclining Seat
Reclining Seat 2-2 with Leg Rest
Reclining Seat 2-1 with Leg Rest
Reclining Seat 2-2 with Audio Video On Demand (AVOD) di deck atas Bus Tingkat AKAP Putera Mulya (PUMA'S)
Reclining Seat 2-1 with Solitare Audio Video On Demand (AVOD) & USB Power Plug di deck bawah Bus Tingkat AKAP Putera Mulya (PUMA'S)
**Ps: BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT Yah :D
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Comments
Post a Comment
Berkomentarlah secara bijak dan santun. Segala bentuk SPAM, SARA yang memprovokasi akan langsung dihapus oleh admin