Caper Solo Jakarta Rosalia Indah Executive Class

15 Jam Solo Jakarta with Rosalia Indah 440


    Setelah melewati perjalanan yang melelahkan dari Jkt ke Solo dengan Safari Dharma Raya (OBL), diriku masih memiliki sedikit waktu di pagi hari yang cerah ini untuk membeli tiket pulang ke Jakarta. Bingung mencari loket penjualan tiket di kompleks Terminal Tirtonadi, diriku menyempatkan diri mencari warung nasi untuk sarapan pagi sekaligus mencari informasi tempat penjualan tiket bus AKAP yang nyaman bebas dari calo. Beruntunglah diriku menemukan warung nasi di pojokan Terminal yang belum terjamah giliran renovasi yang mana suami si ibu penjual nasi rames memberikan informasi sangat detail sekali dan sangat membantu terutama bagi orang awam kaya gw. Berkat petunjuk dari suami ibu penjual nasi rames, kusambangilah Agen Rosalia Indah Gilingan dengan berjalan kaki yang hanya berjarak 200m dari pintu keluar Terminal Tirtonadi.


Rosalia Indah Jetbus OH1626 Executive Class
Memorable Experience in the First Impression moment with Rosalia Indah




Agen resmi bus Rosalia Indah Gilingan Solo
Agen resmi bus Rosalia Indah Gilingan, Jl.Ahmad Yani- Solo

Kamis, 5 Februari 2015

08.20 WIB

     Tiba di agen Rosalia Indah Gilingan untuk membeli tiket pulang ke Jkt. Tampak sebuah bangunan modern cukup luas yang memungkinkan bus bermanuver untuk parkir di dalamnya. Berjajar rapi kursi plastik sebagai ruang tunggu yang bersih & nyaman di Agen Gilingan ini yang sudah pasti "bebas calo". Kubertanya pada mas penjaga loket apakah masih tersedia kursi kosong untuk pulang ke Tangerang. Dijawablah oleh si mas dengan ramah masih ada kursi kosong ingin naik kelas apa? Kubertanya lagi jika pilih tujuan Tangerang apakah lewat BSD? Ternyata jika memilih tujuan Tangerang harus transit dahulu di Rawamangun setelahnya langsung ke Agen Cikokol Tangerang. 


Daftar Tarif Bus Malam Rosalia Indah tujuan Jakarta
 Daftar Tarif Bus Malam Rosalia Indah dari Solo tujuan Jakarta & sekitarnya per Feb 2015


   Si mas penjaga tiket memberi solusi ambil yang tujuan Merak aja sudah pasti lewat BSD dengan tarif sama dengan tujuan Tangerang. Okelah setelah yakin baru setelah itu gw memilih kelas dengan harga tiket yang bervariasi. Setelah gw memilih kelas VIP denga harga tiket 175.000 oleh si mas penjual tiket direkomendasikan kelas Executive Class seharga 195.000 saja karena jarak antar kursi lebih lebar dan dapat tambahan 1x Snack. 


Daftar Tarif Bus Malam Rosalia Indah tujuan Jabotabek & Merak
Daftar Tarif Bus Malam Rosalia Indah tujuan Jabotabek & Merak per Februari 2015

    Melihat daftar kursi kosong yang tersisa 3 seat kosong maka tanpa pikir panjang diriku langsung mengiyakan pilihan Executive Class dan dipilihlah seat no.6A di barisan sisi kiri pinggir jendela dekat roda kiri belakang. Pikirku tarif Rosalia Indah seharga 195.000 masih dirasa lebih murah dibanding OBL Executive yang dibanderol 210.000 dengan fasilitas yang sama. Di dalam lembar tiket Rosalia Executive terdapat 1 lembar kupon sobek 1xService Makan dan 1 lembar kupon 1xSnack. Di dalam hati kecilku bergumam jika perjalanan pulang kali ini cukup memuaskan & berkesan dengan Executive Class maka suatu hari jika ingin kembali lagi ke Solo diriku ingin mencoba Super Executive Class taste Rosalia Indah yang dibanderol 265.000 sekali jalan.

Tiket Executive Rosalia Indah Solo Jkt
Lembar Tiket Executive Rosalia Indah Solo Jkt

Rosalia Indah Executive Class Configuration Seat 2-2
Rosalia Indah Executive Class Configuration Seat 2-2

09.00 WIB : Meeting dengan customer di kompleks sekolah Pangudi Luhur Santo Yosef Manahan.

13.00 WIB

     Setelah selesai meeting singkat dengan pihak customer dan makan siang, diriku segera bergegas mencari becak untuk diantarkan ke Agen Rosalia Indah Gilingan karena mas penjual tiket berpesan agar berkumpul di agen untuk check in pukul 2 siang karena bus berangkat pukul 02.30.

13.15 WIB

    Tiba di Agen Gilingan masih terlalu awal hanya diriku seorang yang sudah bersiap pulang ke Jkt. Tak lupa membayar ongkos becak sebesar 10.000 dan mengucapkan terima kasih banyak ke bapak tua karena trek yang dilalui menanjak sepanjang jalan Adi Sucipto hingga persis di depan Terminal Tirtonadi yang sudah mendatar. Karena masih terlalu awal diriku memilih bersantai sejenak di sudut ruangan yang terdapat colokan listrik untuk men-charge hp yang hampir low batt sambil foto-foto keadaan sekeliling.

Ruang Tunggu Agen Rosalia Indah Gilingan Solo
Ruang Tunggu Agen Rosalia Indah Gilingan Solo

14.00 WIB

     Tepat pukul 2 siang gw menghampiri front desk untuk check in karena dijanjikan pukul 14.30 bus tujuan Merak akan tiba menjemput di kantor agen. Mas penjual tiket menuliskan nomor bus 440 di lembar tiket dan mengatakan; "Nanti busnya yang no 440 ya pak".

14.30 WIB

Rosalia Indah Executive Jetbus2 HD
 Rosalia Indah Executive 169 Jetbus2 HD tujuan Rawamangun - Tangerang

    Terlihat sebuah bus berwarna bodi dominan orange memasuki pelataran parkir agen gilingan. Setelah bermanuver di dalam agen kulihat bukan no.440 dan di kaca depannya terpampang jurusan Madiun-Solo-Rawamangun-Tangerang. Oh rupanya ini livery baru Rosalia berbaju Jetbus2 HD Adiputro dengan chassis MB OH1626 Suspension. Di plat nomor terlihat bahwa bus ini baru berumur 3 bulan, Woww sepertinya baru keluar dari garasi Adiputro Malang langsung dipakai cari duit. Sayang ini bukan armada 440 padahal gw penasaran sama interior Jetbus2 yang futuristik Head Lamp DRL-nya sama LED Stop Lampnya. Sebetulnya gw bisa naik armada ini tujuan Agen Cikokol Tangerang hanya saja gw musti nyambung lagi naik angkot Cikokol-BSD sejauh 20km menuju rumah. Yo weiss lain kali aja klo mau berangkat lagi ke Solo dari Agen Cikokol mudah-mudahan dapat armada Jetbus2 HD dengan livery orange terbaru.

15.00 WIB

Rosalia Indah Jetbus Adiputro
 Rosalia Indah Executive Jetbus 440 rute Madiun-Solo-BSD-Serang-Merak


    Eng ing Eng tepat pukul 3 sore sebuah bus dengan warna dominan putih berbaju Jetbus Adiputro berlabel logo Mercedes Benz OH1626 Suspension memasuki pelataran parkir Agen Gilingan. Saat manuver di dalam Agen kulihat bernomor 440 dan itulah armada yang akan mengantarkan gw pulang ke home town di BSD. Terpampang di kaca depan rute Madiun-Solo-BSD-Serang-Merak. Langsung diriku melangkahkan kaki ke dalam bus sambil mencari seat 6A berdampingan dengan 6B yang keduanya masih kosong belum terisi sama sekali oleh penghuninya.

    Sesudah duduk manis di dalam bus, petugas agen cross check dengan mencentang di daftar absen bahwa gw telah hadir di dalam bus yang tak lama berselang terdengar sayup-sayup suara microfon dari dalam agen yang memanggil nama gw agar segera naik ke dalam bus yang akan segera diberangkatkan. Saat bus bergerak perlahan, hujan gerimis langsung membasahi kota Solo yang sudah mendung sedari tadi siang. 

    Jok berbahan dasar beludru/ fabric dirasa sangat nyaman dengan keunikan footrest besi khas Rosalia yang sudah paten di las tetapi masih dirasa nyaman pijakannya untuk perjalanan jauh. Pak Kondektur menghampiri tiap penumpang membagikan Air Minum Kemasan 600ml bermerek UTRA yang katanya masih 1 group dengan Rosalia. Tak berapa lama berselang, pak kondektur kembali menghampiri tiap penumpang untuk membagikan selimut berwarna biru sebagai mantel penghangat tubuh dari dinginnya semriwing AC bus.
    Setelah mampir ke agen Gilingan, bus beberapa kali mampir ke agen-agen yang tersebar di kota Solo untuk menaikkan penumpang hingga 1 orang penumpang terakhir naik di Terminal Boyolali. Pembawaan sopir bus meliuk-liuk di dalam kota Solo, Kartasura, Salatiga, Jimbaran, hingga Ungaran cukup nyaman & tidak melulu ngeblong hingga memasuki Terminal Ungaran untuk mengambil paket tepat pukul 17.30 sore.


Reclining Seat & Foot Rest unik hanya ada di Rosalia Indah Executive Class


17.45: Singgah di pos Checker masih di daerah Ungaran.

18.00: Masuk Toll Bawen arah ke Semarang

20.00 : Service Makan 1

     Bus memasuki pelataran parkir RM. Sari Rasa di daerah Kendal untuk menunaikan Service Makan-1. Menurut info dari forum bismania bahwa restoran rekanan Rosalia Indah terkenal Mak Nyusss masakannya, Oke mari kita buktikan kenikmatannya. Saat melangkahkan kaki turun dari bus terlihat sebuah bangunan cukup luas tertata rapi dengan 2 meja panjang prasmanan di kedua sisi restoran. Disini kita membaur dengan penumpang Rosalia lainnya yang juga singgah untuk makan malam yang juga tertib.


Service Makan-1 di RM Sari Rasa
Service Makan-1 di RM Sari Rasa


Service Makan-1 di RM Sari Rasa
MB OH1626 Jetbus HD Rosalia Indah 440 Executive Class

    Pilihan lauk cukup banyak; Ayam Goreng, Telor Balado, Mie Goreng, sayur cap cai, kerupuk, pisang, dan Teh Manis hangat tentunya. Sesuap dua suap hingga porsi 1 piring telah habis memang betul adanya *Mak Nyusss*... Tak heran Rosalia Indah memiliki fans/ penggemar tersendiri sehingga armadanya hampir selalu penuh setiap harinya ke berbagai rute. Sepertinya pihak Rosalia menyadari jika penumpang diberi service makan ala kadarnya maka akan meninggalkan kesan kurang baik walaupun armadanya paling gress sekalipun. Setelah 45 menit berhenti untuk mengisi perut, di pintu keluar RM terlihat banyak agen bus merangkap pos checker, dan Rosalia 440 pun kena giliran untuk diperiksa kecocokkan jumlah penumpangnya. Setelah puas makan malam yang berkesan di RM. Sari Rasa Kendal dengan posisi perut yang kekenyangan enak untuk lanjut tidur, ZZzzzzzz....

01.00 : Passing Toll Palimanan Kanci

02.00 : Service Snack-1

     Mendadak lampu interior kabin bus terang benderang dan seluruh penumpang dipersilahkan turun untuk menikmati Snack sekaligus sholat subuh. Kupon sobek terakhir bewarna kuning ditukar dengan 1 buah Roti Manis, 1 buah sejenis lontong, dan 1 gelas teh manis/ kopi hitam hangat. Snack disini tidak terlalu istimewa alias biasa saja tetapi sangat berbeda dengan cara Safari Dharma Raya (OBL) yang langsung membagikannya di atas bus saat bus berangkat. Perhentian kedua ini selama 45 menit dirasa lebih dari cukup untuk sekedar menikmati snack dini hari. Gw sendiri kurang paham sedang ada di daerah mana & lebih memilih melanjutkan tidur lagi setelah kenyang Zzzzzzz...

04.15 : Exit Karawang Timur

    Mendadak terbangun karena bus berhenti posisi miring 20 derajat untuk menurunkan beberapa penumpang di agen karawang tidak jauh setelah exit toll karawang timur. Gw memilih tidak melanjutkan tidur takut kebablasan walaupun jarak tempuh ke BSD masih jauh. Jalan toll Cikampek sangat lengang bahkan ada beberapa orang sudah berpakaian rapih setelan kantor sudah bersiap menuju ke kantor walaupun masih pukul 04.30 pagi!!!!. Tidak sampai 30 menit Rosalia Indah 440 yang gw tumpangi sudah berisiap exit Cikunir untuk berpindah ke toll JORR. Saat berpindah di sepanjang toll JORR bertemu dengan beberapa bus malam juga yaitu; Mulyo Indah, Pahala Kencana nano-nano, Haryanto Putri, dan Bejeu berjalan santai dan langsung diasapi oleh Rosin 440 yang gw tumpangi. Kelihatannya para sopir bus malam yang diasapi itu sudah kelelahan atau mungkin merasa sudah hampir finish di Terminal Kampung Rambutan ataupun di Terminal Lebak Bulus sehingga sudah tidak perlu ngeblong lagi. Berbeda dengan Rosin 440 yang masih jauh finish di Merak sesuai amanah yang diembannya.

05.40 : Finish Alfamart 24jam Cilenggang - BSD CITY


We Like Rosalia Indah Executive Class:
  • Lokasi Agen Gilingan di pusat kota dekat terminal bus Tirtonadi
  • Harga tiket IDR 195.000/ sekali jalan dirasa masih rasional pasca penurunan BBM baru-baru ini. 
  • Pelayanan staff agen Gilingan cukup ramah & helpfull
  • Suasana Agen Gilingan Modern, Nyaman, Aman, dan Bebas Calo
  • Kondisi fisik interior & eksterior bus bersih & terawat saat berangkat dari Agen Gilingan.
  • AC dingin terus sepanjang perjalanan
  • Pelayanan kondektur & sopir di dalam bus cukup ramah
  • Tersedia cukup air penampungan di toilet
  • Jam makan malam pukul 19.00 (Service Makan-1) dirasa pas.
  • Menu & kualitas rasa Service Makan-1 di RM. Sari Rasa sangat memuaskan
  • Pembawaan driver masih dalam kategori nyaman & tidak membahayakan penumpang atau pengguna jalan yang lain.
We Don't Like Rosalia Indah Executive Class:
  • Berangkat pukul 15.00 sore, molor dari jadwal pukul 14.30 siang.
  • Banyak berhenti di beberapa agen untuk menjemput penumpang di sepanjang perjalanan.
  • In Bus Entertainment atau hiburan di dalam bus hanya memutar karaoke Campursari Sangkuriang yang kurang disukai. 
Our Conclusion?

    Kesimpulannya: Jika ditanya apakah gw puas dengan perjalanan pulang dari Solo ke Jakarta menggunakan Rosalia Indah Executive Class, gw memberikan skor obyektif 8.50 (skala 1-10) dari keseluruhan aspek yang dinilai, meliputi: ketepatan waktu, lokasi agen, pelayanan agen, harga tiket, pelayanan crew, kenyamanan penumpang & keamanan barang bawaan, kebersihan interior bus, hiburan di dalam bus, kualitas Service Makan, dan kecepatan waktu tiba di tujuan akhir. 

      Jika di lain waktu masih ada kesempatan untuk mengunjungi Solo atau Yogya, gw berkeinginan untuk mencicipi Super Executive Class Rosalia Indah dengan konfigurasi seat 2-1 nya. Akhir kata "Sangat Worth It" bagi anda yang ingin berpergian menggunakan jasa Bus Malam asal Solo- Rosalia Indah ke berbagai kota khususnya di Jawa Tengah & Jawa Timur.


Exterior & Interior Rosalia Indah Super Executive Class
Exterior & Interior Rosalia Indah Super Executive Class


ROSIN FORMAT BARU?


Rosalia Indah Adiputro Jetbus SHD SUPER TOP
 Rosalia Indah Scania K360ib Adiputro Jetbus SHD "SUPER TOP"


Rosalia Indah Adiputro Jetbus SHD Executive Plus
Rosalia Indah Scania K360ib Adiputro Jetbus SHD "EXECUTIVE PLUS"



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:

Comments